Legislator Apresiasi Adanya Sinergitas Membangun Merauke-Mappi

Metro Merauke – Lawatan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka bersama rombongan ke Kabupaten Mappi beberapa waktu lalu, mendapat apresiasi tersendiri dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke. Sebab, pertemuan yang berlangsung beberapa jam itu, berhasil membahas sejumlah topik permasalahan yang sifatnya urgen demi kemajuan wilayah selatan Papua.

Wakil Ketua I DPRD Merauke, Dominikus Ulukyanan menyebut, inisiatif Bupati Merauke menemui kepala daerah Mappi, dinilai sebagai langkah yang tepat. Terlebih, dalam pertemuan bersama Wakil Bupati Mappi, Jaya Ibnu Su’ud, melakukan pembahasan kaitannya persiapan menuju Provinsi Papua Selatan (PPS) yang di dalamnya tak lepas soal pemetaan batas wilayah.

“Langkah seperti ini yang dibutuhkan masyarakat. Kalau selama ini cuma berharap PPS segera jadi, tapi persiapan tidak dilakukan dengan baik. Mengenai batas wilayah belum selesai dan masih saja terjadi masalah infrastruktur di daerah. Jangan kita berbohong ke masyarakat bahwa kita berjuang untuk PPS,” katanya.

Politikus Partai Golkar menilai, langkah Bupati Merauke membangun sinergitas bersama kabupaten lain di Selatan Papua sangat tepat dilakukan. Dengan begitu, kata Dominikus, dapat membuka cakrawala pemerintah pusat mengenai persiapan di daerah dalam mendorong terbentuknya Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Persiapan bukan hanya duduk kumpul tinggal bahas membahas dari waktu ke waktu. Tapi harusnya melakukan persiapan segalanya dengan matang. Dan langkah Bupati Merauke, Romanus Mbaraka sangat tepat. Segera diadakan pertemuan ‘selatan-selatan’ untuk mematangkan persiapan PPS sebelum didorong ke provinsi dan tingkat pusat,” ucap Ulukyanan.

Disisi lain, tambah Wakil Ketua II DPRD Merauke, masalah akses transportasi antar dua kabupaten ini pun di bahas dan menjadi agenda prioritas didorong kemajuannya. Hal tersebut dinilai penting, dengan konektivitas membangun daerah dilakukan bersama-sama, akan memberikan dampak besar dalam kemajuan daerah.

“Ajakan Bupati Merauke ke Pemkab Mappi selalu ada koordinasi bersama atau konektivitas membangun daerah. Kalau jalan antar kabupaten sudah baik pasti berdampak meningkatnya pembangunan, memajukan perekonomian dan masyarakat bisa sejahtera,” tukasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *