Atasi Banjir, Petugas Dikerahkan Bersihkan Selokan

Metro Merauke – Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Merauke, Papua bergerak cepat dengan mengerahkan petugas untuk melakukan pembersihan selokan dan saluran air di sejumlah titik dalam kota yang terendam banjir usai hujan deras Kamis malam (18/3) hingga Jumat pagi. Salah satunya di Jalan Onggatmit, Kelurahan Muli, Merauke.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Marthen Ganna menilai, banjir yang terjadi karena curah hujan yang lebat ditambah adanya saluran air tersumbat. “Banyak sampahnya saat selokan dibersihan,” ujarnya.

Guna mencegah terjadinya banjir, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman meminta masyarakat untuk meningkatkan kesadaran melakukan pembersihan lingkungan dan tidak membuang sampah disembarang tempat, terlebih pada saluran-saluran air.

Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Merauke mencatat, hujan deras berdurasi panjang semalam yang melanda wilayah Merauke, mencapai 88 mili meter dengan kategori lebat.

Dikatakan Prakirawan, Yunita, kondisi curah hujan lebat masih berpotensi terjadi di Merauke. Terlebih, katanya, Bulan Mei diprediksi masuk peralihan cuaca atau pancaroba. “Pada masa itu (pancaroba), cuaca ekstrim bisa terjadi lebih banyak,” terangnya.

BMKG mengimbau masyarakat Merauke untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tetap memantau perkembangan cuaca yang dikeluarkan BMKG. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *