Covid-19 Berangsur Turun, Lockdown Urung Dilakukan

Metro Merauke – Angka kasus penyebaran virus corana di wilayah Kabupaten Merauke, Papua berangsur-angsur mulai menurun sejak beberapa hari terakhir. Dengan mulai menurunnya kasus Covid-19 di daerah, membuat Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengurungkan rencana lockdown daerah.

Bupati menilai, penurunan Covid 19 menyusul adanya langkah penanggulangan yang Pemkab setempat lakukan. Semisal dengan adanya rapid antigen massal bagi pegawai maupun penyemprotan disinfektan seluruh perkantoran di Merauke.

“Tadinya kitakan mau lockdown, ternyata dengan tindakan awal yang kita lakukan dengan semua pegawai wajib tes covid (rapid antigen) dan vaksinasi Covid-19, puji Tuhan kasus Covid 19 sekarang ada penurunan. Mudah-mudahan, kalau kasus Covid-19 menurun, berarti lockdown kemungkinan tidak dilakukan,” ucapnya kepada wartawan, Kamis (18/3).

Tak sampai di situ, keseriusan pemerintah daerah dalam menekan laju penyebaran virus corona, Bupati Romanus Mbaraka berencana melakukan pemeriksaan Covid-19 bagi warga secara gratis. Tak kalah penting, lanjutnya, terhadap persoalan honor tenaga kesehatan pun menjadi perhatiannya untuk diselesaikan. “Mengenai nakes kita teribkan agar mereka kerja dengan baik, termasuk honor yang masih tersendat sampai sekarang, saya lagi cek pelan-pelan sangkutnya di mana, supaya semua jalan baik,” tuturnya.

Diketahui , berdasarkan data penyebaran Covid-19 di Merauke, Rabu (17/3), kumulatif warga terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 761 kasus. Dimana 56 orang masih dirawat dan menjalani isolasi mandiri, 660 orang sembuh dan 45 orang meninggal dunia.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Merauke, dr Nevile Muskita mengatakan, sangat penting perilaku masyarakat dalam meningkatkan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Mulai memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *