Buka Musrenbang, Bupati Minta Perencanaan Pembangunan Dilakukan dengan Baik

Metro Merauke – Bupati Merauke, Papua Romanus Mbaraka membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat distrik Rencana Kerja Pemerintah Daerah, Rabu (17/3). Diketahui, Musrenbang merupakan forum musyawarah untuk memutuskan program prioritas yang diserap dari kampung, distrik dan disinergikan dengan kabupaten melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Menurut Bupati Romanus Mbaraka, untuk membangun suatu daerah, yang paling utama dicermati adalah masalah perencanaan sehingga perlu dilakukan dengan baik. “Perencanaan pembangunan itu penting bagi suatu daerah. Dana memang menjadi hal vital, tapi perencanan harus lebih vital,” ucapnya kepada wartawan usai membuka Musrenbang.

Ia mencontohkan, pemerintah Bali dinilai berhasil memajukan kota. Hal tersebut, kata Romanus Mbaraka, karena tak lepas dari adanya perencanaan penganggaran yang dilakukan dengan baik.

Pada kesempatan itu Bupati juga menyinggung besarnya pengeluaran daerah dalam beberapa tahun terakhir, untuk perjalanan dinas Aparatur Sipil Negara (ASN) ke luar daerah maupun ke luar negeri, jumlahnya mencapai ratusan Juta.

Untuk itu, Bupati berpesan kepada OPD dalam menyusun perencanaan pembangunan di daerah, harus dialokasikan dengan melihat program prioritas yang memberikan manfaat terbesar kepada masyarakat hingga di tingkat kampung. Tak hanya itu, Bupati juga menekankan agar penggunaan anggaran daerah harus menyentuh kepentingan publik. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *