Bupati Tiga Daerah di Papua Dilantik

Metro Merauke – Bupati tiga daerah di Papua dilantik Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, di aula Gedung Negara Dok V, Kota Jayapura pada Senin (15/03/2021). 

Kepala daerah yang dilantik itu yakni, Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Waropen, Yermias Bisai–Lamek Maniagasi, Bupati Boven Digoel, Chairil Anwar dan Bupati Nduga, Wentiantus Nemiangge. 

Yermias Bisai–Lamek Maniagasi merupakan pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah Waropen yang terpilih saat pilkada serentak 2020 silam.

Sementara Chairil Anwar dan Wentiantus Nemiangge merupakan Wakil Bupati Boven Digoel dan Wakil Bupati Nduga. Keduanya dilantik menggantikan bupati di wilayah masing masing.

Sebab Bupati Boven Digoel dan Nduga meninggal dunia beberapa waktu lalu karena sakit. Keduanya akan menjabat hingga April dan Mei 2021 mendatang.

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengingatkan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dilantik, senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah provinsi.

Katanya, tak jarang ada kepala daerah setelah dilantik terkesan melupakan keberadaan pemerintah provinsi, yang merupakan wakil pemerintah pusat di daerah. 

“Sebab [setelah] kami evaluasi para bupati ini setelah dilantik, langsung main ke Jakarta. Kalau tidak ada koordinasi dengan kami di provinsi, bagaimana kami mau bantu,” kata Klemen Tinal.

Menurutnya, untuk itu, perlu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan seluruh kepala daerah.

Koordinasi antara pemerintah kabupaten dan provinsi diperlukan agar para pihak itu solid dan kompak dalam pembangunan dan mensejahterakan masyarakatnya.

“Yang punya wilayah itu kabupaten/kota. Kalau Bupati tidak datang [berkoordinasi dengan kami], salah sendiri,” ujarnya.

Katanya, kemajuan Papua tak hanya di ukur dari Indeks Pembangunan Manusia, juga bagaimana kemajuan orang asli daerahnya.

Untuk itu Klemen Tinal berharap, pengelolaan dan penggunaan dana Otsus benar-benar tepat sasaran. Tidak boleh disalahgunakan, apalagi untuk kepentingan pribadi.

“Tujuan utama Dana Otsus Papua adalah membangun daerah, untuk meningkatkan sumber daya manusia asli daerah,” ucapnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *