Sukses Kembangkan Kopi Paniai, Meki Nawipa: Ada 200 Ribu Pohon

Metro Merauke – Kabupaten Paniai, Papua, sukses dalam mengembangkan kopi di wilayah itu. Bupati Paniai Meki Nawipa menyebut, saat ini tengah digarap 200 ribu pohon kopi yang ditanam warga.

“Selama dua tahun kami memimpin Paniai, berhasil menanam pohon kopi kurang lebih dua ratus ribu pohon,” ujarnya kepada Metro Merauke, Sabtu (13/3/2021).

Bupati Meki Nawipa mengatakan untuk mendorong petani kopi semakin maju, diberikan 434 kartu petani yang bertujuan memotivasi dan mempermudah petani kopi mengembangkan usaha. “Dalam waktu dekat, akan kami launching Kartu Petani Kopi Paniai yang terintegrasi dengan sistem perbankan dan aplikasi Pemerintah Daerah,” ucapnya.

Kabupaten Paniai, berada di ujung jalur Trans Nabire di pegunungan tengah Papua. Letaknya pada ketinggian 1.700 mdpl. Wilayah ini menyimpan pesona serta kekayaan alam yang melimpah. Salah satunya kopi.

Komoditas ini merupakan potensi yang menjadi anugerah serta harapan masyarakat di sana. Tak heran kalau orang Paniai menyebutnya emas merah, karena bisa dipetik dan dipanen kapan saja tanpa harus merusak alam dan lingkungan.

Saat ini, Bupati Paniai Meki Nawipa tengah serius meningkatkan produksi kopi daerahnya. “Sesuai janji saya, per 2021 sebagai tahun aksi, Pemda Paniai juga akan memberikan insentif kepada petani kopi, Rp2500 per pohon tiap bulan, sampai masa pasca panen,” paparnya.

Kopi Paniai kini dilirik para pecinta kopi. Para ahli kopi dari Puslitkoka (Pusat Penelitian Kopi dan Kakao) dan praktisi perkopian dari SCOPI (Sustainable Coffee Platform Indonesia) menilai bahwa kopi-kopi arabika di Papua memilki grade A, dengan citarasa excellent. (Sayd Madrid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *