Lapas Perempuan di Papua Perlu Tambahan Blok Tahanan

Metro Merauke – Lembaga Pemasyarakat atau Lapas Perempuan di Kabupaten Keerom, Papua butuh tambahan blok tahanan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kakanwil Kemenkum HAM Papua, Anthonius Ayorbaba mengatakan, blok tahanan di Lapas Perempuan telah melebihi kapasitas.

“Kalau blok perempuan memang sudah over kapasitas, karena baru dibangun satu blok. Kami mendorong tahun mendatang, dapat dibangun tambahan blok di Lapas Perempuan,” kata Anthonius Ayorbaba, Rabu (10/03/2021).

Menurutnya, untuk kapasitas Lapas Anak yang juga berada di Kabupaten Keerom, hingga kini  kapasitas blok tahanan yang tersedia masih memadai.

Sebab, jumlah tahanan anak di sana masih kurang dari kapasitas daya tampung ruangan. Blok tahanan anak memiliki daya tampung hingga 50 orang.

“Untuk blok tahanan anak tidak ada masalah. Sebab kapasitasnya untuk 50 orang, sementara jumlah tahanan anak kini hanya enam orang,” ujarnya.

Selain itu kata Anthonius Ayorbaba, untuk memaksimalkan fungsi Balai Pemasyarakatan atau Bapas Kelas II Jaya, maka statusnya akan ditingkat menjadi Bapas Kelas I.

“Secara prinsip dari tugas tugas pemasyarakatan, memang dari fungsi pembimbingan kantor Bapas kita ini. Saat ini kita sedang proses untuk peningkatan status kelas, dari Bapas Kelas II menjadi Bapas Kelas I,” ucapnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *