Unmus Merauke Buka Program Studi Magister Jurusan Administrasi Publik

Metro Merauke – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Musamus (Unmus) Merauke, Papua, membuka Program Studi Magister Jurusan Administrasi Publik.

Dekan Fisip Unmus Merauke, Dr. Fitriani, S.Kom, M.Si kepada Metro Merauke mengatakan, Program Pasca Sarjana Fisip didirikan berdasarkan Keputusan Mendikbud Republik Indonesia Nomor 71/M/2020 tentang izin pembukaan Program Studi Magister Administrasi Publik.

Ia mengatakan, Program Studi Magister Administrasi Publik Fisip Unmus hadir dalam rangka pemerataan sumber daya manusia khususnya di Selatan Papua.

“Selain itu, mempertimbangkan juga efisiensi waktu dan biaya, sehingga mudah bagi semua orang di Selatan Papua berkuliah S2 Program Studi Ilmu Administrasi Publik,” jelas Fitri, Jumat (5/3).

Lanjut Fitri, tenaga pengajar pada program tersebut memiliki kualifikasi akademik Doktor (S3).

Sebelum dibentuk, pihaknya melakukan studi pendirian, kerjasama dengan Fisip Unhas yang diikuti 25 mahasiswa Merauke.

Sementara itu, Kepala Program Studi (Kaprodi) Magister Administrasi Publik, Dr. A. P. Yohanes Endes Teturan, S.Sos, M.Si, menuturkan sejak pendirian di tahun 2020, hingga kini, antusias masyarakat cukup besar.

Pada 2020, jumlah mahasiswa pada program tersebut sebanyak 9 orang. Pihaknya optimis akan ada peningkatan jumlah di tahun mendatang. “Penerimaan tahun ini, gelombang pertama telah mengikuti seleksi tujuh orang, untuk gelombang kedua akan dilaksanakan dalam waktu dekat,” paparnya.

Ia menambahkan, tenaga pengajar dengan kualifikasi S3 juga akan diperbanyak. “Harapannya, bagi semua masyarakat di empat kabupaten, Merauke, Mappi, Boven Digoel dan Asmat dapat melihat ini sebagai peluang dalam rangka pemenuhan pendidikan berkelanjutan,” tutupnya. (Sayd Madrid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *