Legislator: Jalan Provinsi Salor-Kurik Didorong pada Musrembang

Metro Merauke – Sejumlah insfrastruktur jalan provinsi di Kabupaten Merauke, diketahui kondisinya rusak. Salah satunya, jalan antara Salor hingga Kurik Harapan, selama ini banyak dikeluhkan warga.

Terhadap permasalahan tersebut, Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Paskalis Letsoin menegaskan, pihaknya akan serius mendorong pembahasan perbaikan jalan Salor-Kurik, dalam Musrembang tingkat provinsi bulan ini (Maret).

“Kita turun langsung untuk melihat dan mengetahui permasalahan. Jalan Kurik- Salor ini tidak pernah dibangun, karena dianggap jalan provinsi. Dan sudah pernah diusulkan dalam Musrembang kabupaten, tidak ditanggapi. kIta akan sampaikan untuk pembahasan bersama eksekutif di Musrembang pada Maret ini,” katanya kepada wartawan.

Menurutnya, jalan provinsi Salor-Kurik menjadi urat nadi masyarakat. Sehingga perlu diperbaiki. “Akses itu cukup panjang banyak rusak,” ucapnya.

Legislator dari Fraksi PDI-P menjelaskan, dalam serap aspirasi (reses) anggota dewan, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi menemukan berbagai masalah, termasuk persoalan infrastruktur.

“Kemudian setelah reses, kita tidak diam, tapi sudah disampaikan dan dibahas. Hanya, tidak diseriusi pemerintah. Di tingkat provinsi selalu terjadi perdebatan legislatif dan eksekutif, karena apa yang menjadi pokok pikiran dewan ketika reses tak dimuat dalam program yang diusulkan dan dibiayai APBD. Setelah lewat debat cukup keras, hasil masa reses ini akan disusun sama-sama di Musrembang,” terangnya.

Tidak berhenti sampai disitu, kata Letsoin, mestinya pokok pikiran dewan pun perlu adanya catatan dari kepala daerah. Ini dimaksudkan, Pemda benar-benar mendukung perjuangan kemajuan infrastruktur.

“Itu maksudnya, ketika kita memperjuangkan infrastruktur, memang didukung kepala daerah, tidak dibawa sendiri-sendiri oleh kami (legislatif). Karena itu bisa jadi tabrakan, ketika kita paksakan, sedangkan Pemda melihat hal yang berbeda dan tak harus dilakukan. Sehingga penting adanya catatan dari kepala daerah untuk kami,” kata Paskalis.

Diketahui, dari hasil reses Wakil Ketua I DPR Papua di wilayah Anim Ha, selain menemukan permasalahan insfrastruktur jalan Salor-Kurik, Paskalis Letsoin mengaku juga mendapati adanya persoalan serupa di Kabupaten Mappi. Selanjutnya, akan didorong pembahasannya bersama pemerintah di tingkat provinsi. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *