Bangun Merauke, Yoseph Yolmen: Harus dengan Hati

Metro Merauke – Pengamat Pembangunan Papua, Yoseph Yolmen mengemukakan perlunya konsentrasi dan keseriusan dalam membangun wilayah selatan Papua, khususnya Kabupaten Merauke. Yolmen mengatakan, kepala daerah mesti dengan hati tulus bekerja tanpa pamrih.

“Harus dengan hati, jangan berpikir perut. Masih banyak anak dan saudara kita butuh sentuhan,” kata Yolmen kepada Metro Merauke, Minggu (21/2).

Menurut dia, menjadikan Merauke sejahtera, mudah dicapai apabila segenap elemen bergandeng tangan. Kepala Daerah juga berperan mengendalikan seluruh jajaran, dan bertindak tegas serta bijak dalam melihat sebuah persoalan. “Kadang, kepala daerah lupa akan janjinya, sementara rakyat selalu berharap realisasi dari janji-janji tersebut,” ujarnya.

Yolmen saat ini bekerja pada sebuah perusahaan asing berkantor di luar negeri. Bertahun-tahun ia melanglang buana jauh dari Kampung halamannya di Woboyo, Distrik Tubang. Karirnya berkembang saat bersama PT Freeport Indonesia. Ia sempat merasakan dunia kerja yang begitu disiplin dan ketat. Tak lama berselang, ia berpindah ke BP Plc atau sebelumnya dikenal British Petroleum. Sebuah perusahaan minyak dan gas multinasional terintegrasi yang menyediakan bahan bakar untuk transportasi, energi, energi panas dan cahaya. BP berkantor pusat di London, Inggris.

Dari seluruh karirnya, ia memandang, membangun Merauke, butuh kerja keras. “Sebagai anak negeri, kita tidak boleh lengah. Harus disiplin. Banyak program dapat diterapkan untuk menjadikan Merauke lebih baik,” ucapnya.

Ia mencontohkan, dengan lahan datar dan luas, Kepala Daerah bisa memprogramkan pengembangan peternakan. Begitu pula Perikanan. “Sumber Daya Alam Merauke luar biasa. Kita berharap ada perubahan di masa mendatang,” ulasnya.

Yoseph Yolmen berkeliling di banyak Negara. Ia mengamati pola kerja yang berbeda di luar negeri dan dalam negeri. “Di Meksiko atau Dubai, orang bekerja dengan tekun, waktu sangat berharga untuk mereka, ini berbeda dengan kondisi kita di Papua,” katanya.

Ia memimpikan Merauke akan sama seperti daerah lain, yang maju dalam berbagai bidang. “Semoga bisa terwujud,” tutupnya. (Sayd Madrid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *