Pemerintah Mesti Segera Mencari Solusi Masalah Papua

Metro Merauke – Asosiasi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua se-Indonesia atau AMPTPI meminta pemerintah segera mencari solusi masalah Papua.

Sekretaris Jenderal AMPTPI, Ambosius Mulait mengatakan pemerintah pusat dan daerah mesti mencari solusi masalah Papua, secara komprehensif. 

Katanya, pemerintah pusat, gubernur dan ketua DPR Papua tidak boleh tinggal diam, melihat situasi mendesak di Kabupaten Intan Jaya dan Nduga.

“Hentikan pengiriman aparat keamanan secara berlebihan ke Papua. Pemerintah mesti melakukan pendekatan dialogis,” kata Ambosius Mulait, Jumat (19/02/2021).

Menurutnya, pendekatan keamanan hanya akan berujung pada terjadinya kekerasan. Cara itu tidak akan menyelesaikan masalah. 

Sebaliknya, menciptakan dendam, dan tidak ada yang patut dibanggakan dari tragedi saling membunuh. Kekerasan tidak bisa menghadirkan kedamaian. “Peristiwa terus terjadi, karena pemerintah tidak serius. Situasi Papua kini menjelaskan ketidak mampuan pemerintah mengelola masalah Papua,” ujarnya.

Ambosius Mulait mengatakan, perlu adanya gencatan senjata antara pemerintah yang diwakili TNI-Polri, dengan kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), agar tidak ada rakyat sipil menjadi korban.

Rakyat Papua lanjut Ambosius, butuh hidup aman di negerinya. Selama ini, banyak rakyat Papua diduga dibunuh atas nama pembangunan oleh aparat keamanan. 

“Kemudian mereka dituduh sebagai anggota TPN-OPM, untuk menghilakan tuduhan melanggar HAM. Akan tetapi kebenaran tidak bisa dibohongi,” ucapnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *