Kinerja Pansus Otsus DPR Papua Dipertanyakan

Metro Merauke – Sekretaris Fraksi Bangun Papua di DPR Papua, Alfred Fredy Anouw mempertanyakan kinerja Panita Khusus Otonomi Khusus atau Pansus Otsus yang dibentuk lembaga itu, pertengahan tahun lalu.

Ia mengatakan, hingga kini Pansus Otsus DPR Papua belum pernah mempresentasikan hasil kerjanya kepada internal dewan, sejak dibentuk 2020 silam.

“Kami dalam internal dewan sendiri belum tahu apa saja yang sudah dikerjakan Pansus Otsus,” kata Alfred Anouw melalui panggilan teleponnya, Sabtu (13/2/2021).

Ia meminta ketua Pansus dan pimpinan DPR Papua segera mempresentasikan hasil kerja Pansus Otsus selama ini.

Sebab, Pansus itu dibentuk secara kelembagaan, namun terkesan tugas pansus hanya dilaksanakan oleh pihak pihak tertentu dalam internal lembaga dewan.

“Kami melihat Pansus ini hanya melaksanakan kepentingan oknum tertentu. Padahal rakyat ingin tahu sejauh mana kinerja dan sikap DPR Papua, menyikapi polemik Otsus kini,” ujarnya.

Katanya, salah satu tujuan DPR Papua membentuk Pansus Otsus ketika itu, untuk mendengar aspirasi dari berbagai kalangan di Bumi Cenderawasih, terkait keberlangsungan Otonomi Khusus di sana. 

Pansus juga diberi tugas berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan di daerah. Selanjutnya, memutuskan bersama sikap yang diambil dan disampaikan kepada pemerintah pusat. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *