Pemda Merauke akan Gelar Nikah Massal

Metro Merauke – Pemerintah Daerah (Pemda) Merauke, Papua akan menggelar nikah massal. Kegiatan ini menjadi rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Merauke ke-119.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Paino mengatakan, nikah massal akan digelar di Gereja Kalapa Lima dan Gereja Santo Yosep Bampel, Selasa (16/2).

“Saat ini masih dilakukan pendataan dulu dari gereja. Teknisnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mencatat pasangan yang sudah nikah gereja tapi belum tercatat didokumen negara,” ujarnya kepada Metro Merauke saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (11/2).

Untuk itu, dalam momen HUT Merauke, pemerintah berupaya membantu masyarakat lewat nikah massal. Dengan telah tercatat hubungan pernikahannya, kata Paino, warga tidak lagi kesulitan untuk mengurus berbagai kebutuhan identitas diri maupun dokumen keluarga.

“Cukup banyak yang sudah nikah gereja dan belum tercatat di pemerintah. Kalau seperti itu, untuk urusan pembuatan akte kelahiran dan dokumen lainnya tidak bisa dilakukan,” terangnya.

Dalam nikah massal tersebut setalah semua pemberkasan lengkap, peserta nikah massal sudah dapat menerima buku nikah. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *