Kelompok Bersenjata Diduga Kembali Menebar Teror di Papua

Metro Merauke – Pihak yang diduga kelompok bersenjata kembali menebar teror di Kabupaten Intan Jaya dan Puncak, Papua.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan seorang warga Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya ditembak pada Senin (08/02/2021).

Korban bernama Ramli ditembak pelaku yang diduga anggota kelompok bersenjata, saat berada di kiosnya.

“Pascakejadian situasi di Sugapa kondusif. Hanya saja masyarakat tetap waspada,” kata Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, Rabu (10/02/2021).

Korban kini menjalani perawatan di rumah sakit di Timika, Kabupaten Mimika. Personil TNI-Polri hingga kini masih berjaga di sekitar Kota Sugapa, ibu kota Kabupaten Intan Jaya. 

Kabid Humas Polda Papua menyatakan, kehadiran aparat keamanan gabungan di sana untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Hingga kini aparat kemanan masih mengejar pelaku, yang ciri cirinya telah diketahui. Sebab, saksi yang merupakan istri korban mengenali pelaku. 

Selain di Intan Jaya, kelompok bersenjata juga diduga melakukan kekerasan terhadap warga di Kampung Ilambet, Distrik Ilaga Kabupaten Puncak pada 9 Februari 2021.

Korbannya seorang tukang ojek bernama Rusman. Ia tewas akibat kehabisan darah, setelah disabet menggunakan benda tajam di bahu bagian belakang.

“Dari keterangan saksi yang saat itu berjalan menuju Kampung Ilambet, ia melihat sekitar enam orang mengeroyok korban,” ujar Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal.

Menurutnya, ketika itu saksi sempat melempar para pelaku, dan menyebabkan mereka lari meninggalkan lokasi kejadian.

Katanya, saksi kemudian berteriak meminta tolong. Tak lama berselang, beberapa warga sekitar datang ke lokasi. Akan tetapi, ketika itu korban berupaya berjalan menuju ke arah Kota Ilaga. 

“Saksi bersama beberapa warga mengejar korban untuk menolongnya. Pada jarak sekitar 100 meter korban terjatuh. Saksi bersama warga kemudian melaporkan kejadian itu ke Mapolres Puncak,” ucapnya.

Hingga kini aparat TNI-Polri masih mengejar para pelaku. Personil gabungan juga terus berpatroli di sekitar Kota Ilaga, ibu kota Kabupaten Puncak. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *