HUT Merauke ke 119, Jerry Omona: Momentum Kebangkitan Papua Selatan

Metro Merauke – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia Kabupaten Merauke, Papua, Jerry Omona mengungkapkan, saatnya menggapai cita-cita kebangkitan masyarakat Merauke, dalam momentum hari jadi ke 119, menuju Propinsi Papua Selatan.

Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Selatan, merupakan perjuangan panjang para tokoh, pemerintah dan masyarakat di Selatan Papua sejak satu dekade lalu.

“Mesti jadi momentum, di hari jadi Merauke, seluruh pihak bergerak kembali mendorong pembentukan Propinsi Papua Selatan,” kata Jerry Omona, Jumat (5/2).

Menurut Jerry, berdirinya sebuah propinsi, relevan dengan kebutuhan daerah saat ini. “Saya kira, pemerintah (setelah pelantikan Bupati) di Kabupaten Merauke, Asmat dan Boven Digoel, perlu duduk kembali membahas hal ini,” ucapnya.

Pada 30 Oktober 2019, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut terdapat 183 usulan pemekaran wilayah. Salah satunya Propinsi Papua Selatan. Pemekaran sebagai upaya mempercepat pembangunan di Selatan Papua.

Tito juga menyatakan, di Papua terdapat tujuh suku besar, sedangkan yang sudah bulat untuk membentuk pemekaran adalah Papua Selatan.

Adapun, wilayah Papua Selatan meliputi Merauke, Asmat, Mappi, dan Boven Digoel, termasuk pengembangan Kota Merauke. Belakangan, dilibatkan Kabupaten Pegunungan Bintang dalam rancangan baru Daerah Otonomi.

Pada 27 November 2019, empat kabupaten ini membentuk tim pemekaran Provinsi Papua Selatan. Tim dibentuk di Swiss-Belhotel Merauke, diketuai oleh Thomas Eppe Safanpo, Wakil Bupati Asmat. (Sayd Madrid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *