Festival Budaya Lintas Perbatasan RI-PNG Bakal Digelar di Toray

Metro Merauke – Festival lintas perbatasan dua negara Indonesia-Papua New Guenea bakal digelar tahun ini, di Kampung Toray, Distrik Sota, Merauke, Papua.

Dijelaskan Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Merauke, Elias Mitte didampingi Kepala Bidang Koordinasi Pelaksanaan, Arnoldus Rudolf, festival tersebut menjadi agenda prioritas di BPPD yang digelar sejak tahun 2018.

“Tahun 2021 nanti menjadi yang ketiga kalinya dilaksanakan. Pada 2020 kegiatan festival lintas perbatasan 2 negara ditunda, akibat pandemi Covid 19,” ujarnya.

Menurut Mitte, dalam festival yang dijadwalkan berlangsung 2 hari ini, akan diwarnai dengan berbagai kegiatan. Semisal pameran kuliner, budaya 2 negara hingga hiburan.

Pihaknya berharap, lewat momentum tersebut, sebagai wahana mendekatkan hubungan budaya 2 negara RI-PNG yang letaknya berbatasan langsung.

“Secara administrasi memang menjadi batas negara. Tapi untuk wilayah adat istiadat, warga yang ada di dua negara ini masih memiliki keterikatan dan perlu untuk dijalin lewat kegiatan budaya,” terangnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *