DPRD: Masyarakat Harus Dukung Pemerintah, Patuhi Prokes

Metro Merauke – Pandemi Covid-19 hingga kini belum mereda. Angka terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah. Fenomena yang terjadi saat ini, dinilai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Benjamin Latumahina, perlu adanya peningkatan kesadaran dan kepatuhan dalam penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat.

Menurutnya, kepatuhan akan prokes menjadi kunci utama untuk menekan penyebaran virus corona, meskipun di Merauke telah dilakukan vaksinasi Covid 19.

” Sayangnya masih banyak yang mengabaikan protokol kesehatan dalam berbagai aktivitas setiap hari seperti menggunakan masker. Bahkan, herannya lagi, masih ada yang tidak percaya virus corona ini ada,” ujarnya.

Diakui, sejauh ini pemerintah dan berbagai pihak terus berupaya melakukan penanganan dan penanggulangan Covid-19. Dengan gencar sosialisasi, penyemprotan disinfektan, imbauan maupun penanganan bagi pasien yang terpapar corona.

Hanya saja, upaya penegndalian Covid-19 di daerah membutuhkan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyatakat.

“Penanganan masalah ini (covid-19) harus diatasi bersama-sama. Masyarakat juga harus ikut berperan, dengan mematuhi anjuran pemerintah,” pintanya.

Pihaknya mengapresiasi tenaga medis terus bekerja dengan maksimal memberikan pelayanan. “Bahkan sebaliknya, ada juga tenaga medis ikut terpapar covid 19. Begitu pun dalam penanganan korban meninggal dunia, tim ini bekerja tidak mengenal lelah siang maupun malam.”

Benjamin Latumahina menyebut, yang tak kalah penting perlu adanya ketegasan dalam pengawasan penerapan prokes oleh aparat. “Pemerintah harus memberikan dasar hukum yang jelas, agar aparat bisa berperan mengambil tindakan penegakan disiplin hukum yang tegas kepada masyarakat yang melanggar prokes,” katanya.

Menurutnya, dengan semua orang taat, tertib dan wajib menerapkam menggunakan protokol kesehatan, untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 agar Merauke bebas dari pandemi.

Dia mengatakan, dukungan masyarakat terhadap pemerintah dalam pengendalian Covid-19 bisa dalam bentuk menumbuhkan disiplin pribadi, dan mengajak masyarakat di lingkungannya untuk bersama-sama mematuhi protokol kesehatan.
(Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *