Cuaca Buruk, KSOP Merauke Larang Kapal Berlayar

Metro Merauke – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Merauke, telah mengeluarkan larangan bagi kapal berlayar, akibat cuaca buruk yang terjadi di Laut Arafuru dalam beberapa hari ini.

Kepala KSOP Kelas IV Merauke, Turki R Sully, kepada Metro Merauke menjelaskan, larangan berlayar itu disampaikan setelah adanya peringatan cuaca buruk yang dikeluarkan Badan Metorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Merauke.

“Persisnya sejak, Jumat (22/1), sudah kita keluarkan larangan berlayar karena cuaca tidak bersahabat. Dan hal ini sudah disampaikan pula ke pemilik-pemilik kapal,” ujarnya, Jumat (29/1).

Menurutnya, larangan yang dikeluarkan pihaknya tersebut demi keselamatan dan keamanan pelayaran. “Jangan sampai ada yang nekad untuk berlayar. Kondisi cuaca seperti ini, laut sangat berbahaya untuk dilalui,” katanya.

Ditambahkan, saat ini sejumlah kapal harus menunda keberangkatan berlayar hingga kondisi cuaca normal. “Kita harus menunggu lagi laporan cuaca dari BMKG. Selama kondisi cuaca belum normal, kita tidak ijinkan kapal penumpang berlayar, kecuali kapal dengan GT di atas 5.000. Semisal kapal kontainer,” jelasnya.

Sementara dari data BMKG Merauke, saat ini berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan gelombang tinggi mencapai 3,5 meter di Laut Arafuru bagian timur. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *