LG Bikin Chip Buka Tutup Pintu-Nyalakan Mesin Mobil Pakai HP

Jakarta, CNN Indonesia – LG Innotek, salah satu anak usaha LG, mengumumkan telah mengembangkan cip modul kunci mobil digital yang bisa dipasang ke mobil agar bisa dibuka pakai handphone (hp).
Kunci ini digadang-gadang membuat smartphone bisa menjadi pengganti kunci mobil. Modul cip ini dilengkapi dengan kemampuan pendeteksi lokasi dengan akurasi tinggi dan diklaim aman.

“Modul kunci mobil digital LG kompak dan ramping. Modul tersebut berisi sekitar 60 komponen, termasuk elemen frekuensi radio dan pemblokiran daya. Dengan ukurannya yang ringkas, modul ini dapat dipasang dengan bebas di mana saja di dalam dan di luar kendaraan,” jelas pernyataaan resmi.

Pasalnya, kunci mobil digital saaat ini dilaporkan punya tingkat akurasi rendah terkait pendeteksian lokasi. Sehingga, kunci digital mobil saat ini lebih mudah diretas.

LG mengklaim kunci digital buatan mereka ini lima kali lebih akurat dari kunci digital biasa. Sehingga, pengemudi pun bisa lebih cepat menemukan lokasi parkir kendaraan. Mereka juga disebut bisa lebih cepat membuka kunci mobil dan menyalakan mesin lewat smartphone.

Menurut LG Innotek, peningkatan akurasi lokasi bisa dilakukan setelah mereka menerapkan teknologi ultra wideband (UWB), teknologi NFC, dan algoritma yang dikembangkan sendiri ke modul baru itu.

Perusahaan tersebut mengklaim mengembangkan teknologi pencegahan peretasan sendiri untuk meningkatkan keamanan modul.

“Rentang kesalahan modul antara lokasi smartphone dan lokasi pengenalan telah dikurangi dari 50 sentimeter menjadi di bawah 10 sentimeter,” kata Ryu In-soo, kepala divisi bisnis komponen otomotif dan elektronik perusahaan seperti dikutip dalam pernyataan resmi seperti dikutip Tech Radar.

Mengutip Korea Herald, LG berencana menjual kunci digital ini kepada produsen otomotif dan akan mulai melakukan produksi massal pada 2022.

Kunci ini disebut sudah memenuhi standar yang ditetapkan Car Connectivity Consortium (CCC). Sebelumnya, Hyundai juga sudah mengembangkan teknologi kunci digital serupa.

Strategy Analyst memperkirakan pasar kunci mobil digital global akan naik 360 persen dari 6,3 juta unit di 2020 jadi 28,9 juta unit pada 2025

Apa itu kunci mobil digital?
Chip modul kunci mobil digital adalah komponen komunikasi yang dipasang di dalam mobil yang bisa melakukan transmisi data nirkabel antara mobil dan telepon pintar.

Chip ini membuat pengguna bisa membuka atau mengunci mobil, menyalakan mesin, hanya dengan menggunakan ponsel. Syaratnya, smartphone harus berada di dalam mobil agar fungsi bisa berjalan.

Chip ini tak hanya untuk membuka dan menyalakan mobil, pengemudi juga bisa memeriksa jarak tempuh, efisiensi bahan bakar, dan tekanan ban dari smartphone.

Perusahaan mengklaim modul baru mereka bisa menyesuaikan dengan pengendara. Misal, jika beberapa orang dengan smartphone yang bisa membuka mobil berkendara bersama, maka modul yang ada di mobil bisa mengenali lokasi masing-masing ponsel cerdas.

Sehingga, mobil bisa tahu ponsel mana yang duduk di bangku pengemudi. Mobil juga bisa menyesuaikan jarak jok sesuai setelan yang biasa dilakukan pengemudi. Bahkan menyesuaikan setelan kaca spion samping.

(eks)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *