Kegagalan Otsus, Kegagalan Pejabat Papua

Metro Merauke – Wakil Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan berbagai pihak menyatakan Otonomi Khusus atau Otsus Papua gagal. 

Katanya, jika ada anggapan seperti itu, merupakan kegagalan para pejabat di Papua, bukan hanya pemerintah pusat.

Ia mengatakan, pejabat provinsi dan kabupaten-kota di Papua, eksekutif maupun legislatif merupakan perpanjangan tangan pemerintah.

“Kalau hari ini rakyat Papua bicara Otsus gagal, orang Papua bicara Papua merdeka, itu kegagalan kami para pejabat di Papua. Kita harus akui, itu karena kesalahan kita,” kata Yunus Wonda, awal pekan ini.

Menurutnya, anggapan rakyat Papua yang menyatakan Otsus gagal mengindikasikan jika para pejabat di Papua dan Jakarta tidak serius melaksanakan amanat Undang-Undang Otsus. Pemanfaatan dana Otsuspun begitu, diduga belum sepenuhnya tepat sasaran selama ini.

Wonda berpendapat, jika ingin semua masyarakat Papua hidup lebih baik, dan merasakan kehadiran negara, mestinya dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan Otsus Papua selama ini. 

Katanya, evaluasi tidak hanya terhadap pemerintah daerah di Papua dan Papua Barat, juga pada pemerintah pusat.

“Evaluasi total untuk semua agar rakyat kita tidak menjadi korban. Ini bicara bagaimana semua rakyat di tanah ini hidup lebih baik,” ucapnya. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *