Capaian Vaksinasi Korona di Papua Masih Rendah

Metro Merauke – Capaian vaksinasi korona tahap pertama, untuk tenaga kesehatan atau nakes di Papua hingga kini masih sangat rendah.

Kepala Dinas Kesehatan Papua, Robby Kayame mengatakan pada tahap pertama, Papua mendapat 14.680 dosis vaksin. Sebanyak 7.560 dosis telah didistribuskan ke Kota Jayapura, 2.720 dosis ke Kabupaten Jayapura, dan 2.320 ke Kabupaten Mimika.

Tiga daerah itu menjadi prioritas vaksinasi tahap pertama. Akan tetapi hingga kini capaiannya masih sangat minim.

Nakes yang telah divaksinasi di Kota Jayapura hanya sebanyak 486, di Kabupaten Jayapura 63 orang, dan Kabupaten Mimika 231 nakes.

“Realisasi vaksinasi hingga kini sangat lamban, dibandingkan daerah di Pulau Jawa. Padahal sesuai program pemerintah, tenaga kesehatan yang mesti diprioritaskan,” kata Robby Kayame, Rabu (27/01/2021).

Menurut dia, pihaknya berupaya mendorong agar tenaga kesehatan di tiga daerah itu, bersedia untuk divaksinasi. Nakes mesti diprioritaskan, sebab mereka berada di barisan depan dalam memberikan layanan kesehatan kepada warga.

Katanya, jika tenaga kesehatan telah divaksinsasi, tahap selanjutnya adalah anggota TNI dan Polri, disusul aparatur sipil negara, dan warga. 

“[Memang] kita perlu lakukan berbagai strategi dalam rangka pemberian vaksin, terutama kepada tenaga kesehatan. Setidaknya kalau 75 persen tenaga kesehatan sudah divaksinasi, itu cukup baik. Sebab, kalau mereka sakit siapa yang melayani masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, pada tahap kedua Papua akan mendapat 48 ribu dosis vaksin untuk 24 ribu orang. Sebagian vaksin telah tiba, dan sudah didistribusikan ke Kabupaten Biak Numfor serta Nabire. (Arjuna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *