Dinas Perikanan Merauke Rekrut Pendamping di 20 Distrik

Metro Merauke – Dinas Perikanan Kabupaten Merauke, Papua, terus menggenjot program pendampingan dan pembinaan terhadap pelaku perikanan di Merauke.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Merauke, Suhono Suryo mengatakan, untuk mendampingi para pelaku perikanan, pihaknya merekrut sebanyak 20 pendamping ditempatkan di 20 distrik.

“Khusus tahun ini, peserta yang mengikuti pembekalan sebanyak 20 orang,” kata Suhono Suryo kepada Metro Merauke, Selasa (26/1).

Suhono mengatakan, program pendampingan dilakukan sebagai solusi menggantikan program awal yakni penyebaran penyuluh perikanan di daerah.

Penyuluh perikanan, sebelumnya terdapat di berbagai daerah, bertujuan membantu memperbaiki pola pikir nelayan serta memperkuat kapasitas dalam rangka mewujudkan arah pembangunan sektor kelautan dan perikanan nasional.

“Agenda ini (pendamping) telah berlangsung beberapa tahun terakhir, pada tahun 2018, ada 10 orang, tahun 2019, 20 orang, serta tahun ini 20 orang,” ucap Suhono.

Pendamping perikanan, sebelum diterjunkan ke lapangan, dibekali lebih dulu dengan materi. Rata-rata mereka adalah remaja yang baru saja lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA). “Masing-masing pendamping disebar ke 20 distrik se kabupaten Merauke,” ujarnya.

Baginya, program ini sangat membantu, terutama bagi masyarakat pesisir dalam mengembangkan potensi perikanan di wilayahnya.

Ia berharap, program pendampingan terhadap pelaku perikanan masyarakat pesisir, terus berjalan sehingga edukasi tentang perikanan dapat tersampaikan kepada masyarakat. (Sayd Madrid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *