Kesenian  Jawa Barat  unik sebagai ciri adat istiadat : Markasinfo

Kesenian  Jawa Barat  unik sebagai ciri adat istiadat

Keberadaan  kesenian  Jawa Barat  telah  menjadi panduan dalam potensi daerah sejak zaman dahulu.  Berbagai macam kesenian daerah yang telah ditekuni oleh nenek moyang dilestarikan hingga saat ini.  Budaya daerah selalu menjadi identitas yang melekat pada apa yang diketahui masyarakat luas.

Semua daerah di Indonesia harus memiliki  budaya dan adat istiadat masing-masing agar  dapat ditonjolkan  sebagai self-identified.  Semua elemen masyarakat juga turut serta di dalamnya  agar berbagai kesenian yang dihasilkan tetap lestari pada waktu tertentu.  Selain  dilakukan untuk melestarikan  budaya lokal, tentunya dapat dijadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Bagi pengunjung yang berkunjung ke kawasan ini, tentunya sudah tidak asing lagi dengan berbagai pertunjukan unik. Hingga saat ini, hiburan publik masih diadakan untuk menghormati adat tersebut sehingga tidak pernah berakhir di kemudian hari.  Karena daerah ini begitu luas,  maka tidak mengherankan jika perkembangan budaya ini  dapat diketahui oleh masyarakat.

Banyak orang   tertarik untuk belajar lebih banyak tentang  kesenian Jawa Barat karena memiliki keunikan. Untuk mengetahui budaya suatu daerah  , Anda  harus lebih menghormati keberadaan mempertahankan adat istiadat  .  Oleh karena itu, daftar kesenian berikut ini harus dijadikan acuan  agar anda memiliki perspektif budaya.

Tradisi kesenian WyengGolak  menjadi hiburan publik

Pada zaman dahulu tentu   tidak ada  teknologi canggih dalam kehidupan masyarakat  di Indonesia seperti sekarang. Dalam upaya mencari hiburan, tak heran jika berbagai pertunjukan selalu mengedepankan kesenian daerah.  Berbagai perangkat dapat digunakan dan digunakan untuk menarik perhatian publik.

Berbagai bentuk media seni masih dibuat dan dilakukan secara manual dalam setiap pertunjukan. Salah satu bentuk hiburan pada saat itu sering menggunakan media wayang untuk bercerita. Berbagai kisah juga diceritakan berdasarkan legenda yang telah diwariskan  secara turun temurun oleh nenek moyang  dari segi  budaya.

Selain menggunakan cerita dan legenda untuk membawa pertunjukan, ternyata juga sering ada humor juga.  Kesenian Jawa Barat ini  sering digunakan untuk memungkinkan warga menikmati komedi  .  Sejak dulu, komedi  kerap  dihadirkan untuk bisa mengundang tawa bagi setiap penonton.

Bentuk Wang Golak, yang sebenarnya merupakan bentuk seni yang umum,  menyerupai sosok manusia kecil  . Namun tentu saja, bentuk Weiyang Golak disusun  sesuai dengan  karakternya sehingga lebih beragam selama pertunjukan. Hal ini juga digunakan untuk memudahkan penonton mengenal setiap karakter dari wayang.

Setiap wayang sebagai orang yang mengendalikan Wyeng Gulak harus memiliki ciri khas tersendiri yang berhubungan dengan penyajian.  Sampai sekarang, beberapa boneka menikmati popularitas tinggi jika mereka mampu  menarik daya tarik  selama  pertunjukan.  Karena seni ini masih ada sampai sekarang, Weiyang Golak akan selalu menjadi favorit.

Sesingan sering dijadikan acuan untuk acara adat tertentu.

Melanjutkan pembahasan  kesenian Jawa Barat lainnya  , ternyata setiap acara   memiliki pertunjukan tertentu sesuai dengan tradisinya masing-masing  . Selain tujuannya sebagai tontonan, ternyata  berbagai kesenian juga ditampilkan   untuk menjaga budaya di masyarakat.   Mengikuti perkembangan seni saat ini, sudah pasti mampu memberikan nuansa unik saat menikmati pertunjukan.

Pada kesempatan kali ini, sangan akan diceritakan secara detail yang juga populer sepanjang masa.  Sangan dapat ditemukan  di beberapa acara dengan tujuan  menghidupkan   perayaan seseorang . Warga yang memiliki perayaan khusus  akan mengadakan sangan untuk dikenang sebagai momen seumur hidup  .

Biasanya sangan dilakukanketika seorang anak laki-laki melewati masa sunat atau sunat yang langsung dirayakan.  Sunat dilakukan sekali seumur hidup, sehingga banyak warga yang ingin mengadakan upacara khusus untuk anak-anaknya.  Bentuk tradisional dari acara ini biasanya dilakukan dengan melakukan konvoi dalam bentuk tandu  singa  .

Selama proses kafilah  kesenian  Jawa Barat  , bayi akan dipelihara oleh singa buatan.  Nantinya, anak-anak yang sedang merayakan akan dibawa berkeliling di sekitar area terdekat tempat mereka tinggal.  Hal ini juga bertujuan agar warga setempat mengetahui bahwa anak tersebut telah disunat.

Selama ini tradisi  sangan masih  dilestarikan untuk memperingati momen sekali seumur hidup dalam   kehidupan seorang anak  .  Anda juga dapat berpartisipasi untuk melestarikan budaya ketika Anda memiliki perayaan yang ditentukan.  Jadi,  tidak masalah bentuk tradisi dari Sesingan tidak akan pernah berakhir dalam kehidupan masyarakat.

Seni musik Angkong merupakan salah satu instrumen daerah

Mengingat perkembangan zaman sesuai dengan timeline,  bentuk kinerja  regional harus tersedia dalam format yang berbeda.  Pada pembahasan sebelumnya, kamu sudah mulai belajar tentang Weiyang Golak dan Sesingan sebagai contoh. Namun kali ini, seni musik  juga sangat erat kaitannya dengan   seni  budaya Jawa Barat.

Musik selalu diciptakan agar warga setempat  dapat menikmati bernyanyi sebagai bentuk hiburan dalam  kehidupannya.  Alat musik yang berbeda akan dimainkan secara bersamaan untuk menciptakan suara yang indah untuk dinikmati.  Banyak orang berpikir bahwa hidup tanpa musik terasa seperti tidak ada warna keindahan.

Ketika anda mengenal  musik di wilayah Jawa Barat, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan angkling  . Instrumen semacam ini selalu tampak seperti musik dalam hiburan  warga  . Secara umum, ang culling dapat ditemukan di gamlin untuk menciptakan suara yang unik  sebagai  hiasan musik.

Angkong terbuat dari bambu yang disusun sedemikian rupa sehingga mampu mengeluarkan suara saat bergetar. Untuk memainkan alat kesenian Jawa Barat ini, yang dibutuhkan hanyalah tangan yang  bergerak cepat.   Biasanya, pemain alat Angkong terdiri dari banyak orang pada saat yang sama untuk membuat  berbagai jenis suara  .

Karena Angklong adalah alat musik, artinya alat musik  tersebut memiliki pola nada jika dimainkan dengan benar. Anda dapat mempelajari ang culling dan  membawa alat ini ke musik modern karena memiliki suara yang khas.  Dengan kata lain, Angkling   selalu bisa tetap aman dalam bermusik  bahkan  di zaman modern.

Budaya dan pincang kuda sebagai pertunjukan favorit

Saat membahas hiburan rakyat lainnya , tentunya tidak lepas dari keberadaan gimnasium kuda karena popularitasnya .  Pada dasarnya, horse pincang adalah tarian yang memiliki  gaya unik dalam penampilannya.   Dari dulu hingga sekarang, jenis hiburan ini selalu dicari dan masih diminati oleh masyarakat.

  Kesenian  tari Jawa Barat  yang disebut Koda Pincang  terdiri dari banyak unsur sekaligusdengan H. Ibran yang dipentaskan. Dimulai dengan seorang penari dan pemutar musik, dia memiliki perannya sendiri untuk membuat tontonan lebih menarik.  Salah satu keunikan dari acara adat ini terletak pada adegan ekstrem yang  dilakukan para penari.

Pertama, penari  akan melakukan ritual khusus sebagai awal acara sejak  musik dimulai. Jika sudah siap, penari akan memulai gerakannya dengan menunggang kuda yang terbuat dari anyaman khusus.  Dalam beberapa saat, penari mengalami  kepemilikan dan akan melakukan adegan berbahaya di inti pertunjukan.

Biasanya, asisten mulai memberikan kacamata dan lampu kepada penari untuk dimakan selagi mereka punya. Meski adegannya sangat berbahaya, uniknya sang penari tidak akan mengalami luka ringan saat adegan berlangsung.  Padahal, secara logika, harus memiliki kemampuan mengancam tubuh penari saat mengalami pekerjaan ini.

Menurut  kepercayaan adat setempat, ilmu ketidakamanan dipelajari oleh penari dan mendapatkan kekuatan ketika mereka memilikinya.  Meskipun demikian, kuda-kuda tinggi masih populer dan mampu menghibur masyarakat. Dengan demikian,   tradisi turun  temurun  kesenian Jawa Barat dari nenek moyang tidak akan pernah berakhir.

Read More :