Setahun, Disdukcapil Merauke Cetak 2.016 KIA

Metro Merauke – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Merauke, Papua, telah merampungkan pencetakan 2.016 keping Kartu Identitas Anak (KIA) untuk anak sekolah sepanjang satu tahun terakhir. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Paino menjelaskan, saat ini stok blanko KIA masih mencukupi. Demi optimalnya pelayanan KIA sekaligus memudahkan pelayanan masyarakat, Disdukcapil akan menerapkan layanan ‘jemput bola’.

“Orang tua tidak perlu lagi datang ke kantor untuk mengurus KIA. Melainkan, petugas yang akan langsung ke sekolah-sekolah mengumpulkan data, kemudian dilakukan pencetakan di sekolah,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (23/1).

Dijelaskan, Kartu Identitas Anak merupakan program nasional. Adapun manfaat KIA, katanya, tidak berbeda jauh dengan KTP yang dimiliki orang dewasa, sebagai identitas kependudukan. “Nanti setelah anak usia 17 tahun akan diperbaharui ke data KTP. Semua anak akan memiliki KIA, sehingga pada saat warga mengurus Kartu Keluarga (KK) dan memiliki anak, secara otomatis akan kita terbitkan KIA,” terangnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *