Kelompok Tani Di Merauke Terima Bantuan Alsintan, Legislator : Peralatan Aset Negara Jangan Dijual

Metro Merauke – Sejumlah kelompok tani di Merauke, Papua mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa 24 handtraktor dari pemerintah. Anggota DPRP Fauzun Nihayah saat penyerahan bantuan menjelaskan, bantuan alsintan ini merupakan sisa hasil aspirasi masyarakat tahun 2020 melalui Anggota DPR RI Dapil Papua dari Fraksi NasDem, H. Sulaeman L Hamzah.

Fauzun Nihayah menegaskan, alsintan yang diturunkan ke daerah murni dari aspirasi, kemudian diperjuangkan Anggota Komisi IV DPR RI di Senayan. Sehingga dirinya mengingatkan kelompok tani (penerima) dapat memanfaatkannya dengan baik, mendukung peningkatan produksi pertanian.

Legislator dari Fraksi NasDem pun mewanti-wanti supaya peralatan tidak disalah gunakan atau bahkan dijual. “Kalau ada yang digunakan pribadi bukan dengan kelompok, dapat dipindahkan. Terlebih ketika alat dijual, pasti bisa bermasalah hukum. Karena itu aset Negara, jangan sampai alat dari kita dijual belikan. Kalau tidak siap kelola, disampaikan sehingga kita alihkan kepada kelompok yang benar membutuhkan,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, Fraksi NasDem akan terus menyuarakan dan mengawal aspirasi masyarakat secara berjenjang hingga ke tingkat pusat. “Bahkan, di Tahun 2021 ini, Anggota Komisi IV DPR RI H. Sulaeman L Hamzah mendapatkan kuota 320 di Papua. Kita butuh kerjasama semua pihak agar alat digunakan dengan baik dan memberikan manfaat,” katanya.

Norbertus Wanewob, Anggota Kelompok Tani Yukaudimaro Kelurahan Kamundu mengaku senang mendapatkan bantuan alsintan. Pasalnya, selama ini pihaknya terkendala peralatan yang memadai untuk mengembangkan lahan pertanian yang mereka miliki.

“Kelompok tani Yukaudimaro memiliki luas lahan garapan 30 an hektar. Namun yang tergarap baru 15 hektar, sisanya menjadi lahan tidur. Itu karena kami kesulitan alat pertanian. Sekarang, dengan adanya bantuan alat ini (handtraktor) sangat membantu menggarap lahan pertanian,” tukasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *