Diusulkan Armada Khusus Pengangkut Sampah Pasar Wamanggu

Metro Merauke – Kepala UPTD Pasar Wamanggu, Rudyono mengatakan, pihaknya telah mengusulkan ke pemerintah daerah adanya armada tersendiri yang digunakan untuk pengelolaan sampah di pasar berlantai tiga tersebut.

“Benar, kita sudah mengusulkan adanya armada untuk mengangkut sampah di Pasar Wamanggu ke Dinas Lingkungan Hidup Merauke dan sudah mendapat respon,” ucapnya, Sabtu (15/1).

Menurut Rudyono, adanya 1 armada tersendiri pengangkutan sampah di pasar menjadi penting, demi efektifitas dan optimalnya pengelolaan sampah yang dihasilkan di pasar setiap hari.

Dimana nantinya, lanjut Rudyono, sampah dapat dikelola oleh pasar dengan armada yang disediakan DLH yang selalu stand bay di lokasi untuk mengangkut sampah ke tempat pembungan akhir.

 “Kita menyadari selama ini karena keterbatasan sarana angkut dari dinas terkait. Jadi pengangkutannya harus menunggu armada dari DLH. Ketika telat diangkut, sampah di pasar bisa membludak dan timbulkan bau tak sedap,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Merauke, Hj Harmini saat dikonfirmasi membenarkan adanya usulan armada sampah di Pasar Wamanggu. Direncanakan, pada tahun 2021, pihaknya akan merealisasikannya.

Dijelaskan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Merauke sendiri tahun ini mendapatkan penambahan sarana prasarana bidang kebersihan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). “Selama ini memang kami kekurangan sarananya, sehingga saat pengangkutan, termasuk di pasar, harus bergantian. Di tahun 2021, DLH akan tempatkan 1 armada pengangkut sampah di Pasar Wamanggu sebagai jawaban atas usulan sebelumnya,” jelasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *