Merauke Kirim Ratusan Ton Beras ke Papua dan Papua Barat

Metro Merauke – Kabupaten Merauke melakukan pengiriman ratusan ton beras produksi lokal ke wilayah Papua dan Papua Barat.

Pengiriman perdana tol laut lintas Papua, dilakukan di awal tahun 2021, diluncurkan langsung Wakil Bupati Merauke, Sularso, di Pelabuhan Yos Sudarso Merauke, menggunakan kapal tol laut, KM Logistik Nusantara 2 (T-19), Kamis (14/1).

Terinci, beras yang dikirim kali ini ada 20 kontainer lebih. Dimana 1 kontainer akan dikirim ke Kokas, 3 kontainer ke Sorong dan selebihnya untuk tujuan Jayapura sebanyak 500 ton.

Dikatakan Kepala KSOP Merauke, Turki R K Sully, pengirman beras Merauke sebelumnya telah dilakukan beberapa kali di tahun 2020.

“Pada Oktober 2020, sebanyak 16 kontainer dikirim dengan tujuan Surabaya. Melalui program Tol Laut, beras produksi petani Merauke kembali dikirim sebanyak 19 kontainer dan di bulan Desember kita kirim 20 kontainer beras ke Surabaya. Dan kali ini dengan Tol Laut lintas Papua,” ujarnya.

Wakil Bupati Merauke, Sularso mengatakan, pengiriman beras Merauke ini sebagai angin segar, sekaligus menjawab keinginan masyarakat terkait penyerapan beras.

Dikatakannya, kendati ditengah kesulitan ekonomi global akibat pandemi, pemerintah secara berjenjang tetap memberi perhatian serius, berupaya membangkitkan semangat masyarakat dengan mengoptimalkan seluruh potensi. Salah satunya sektor pertanian dan perikanan.

“Ini bukti nyata, bahwa pemerintah pusat betul-betul mendengar dan menjawab keinginan masyarakat akan adanya tol laut lintas Papua,” ujarnya.

Diketahui, selama ini distribusi angkutan barang jadi penyebab utama, hingga ketahanan pangan nasional di Papu sulit dipertahankan.

Kini, dengan program tol laut, diyakini distriminasi harga tidak lagi terjadi terlampau tinggi dan yang tak kalah penting dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan sosial masyarakat. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *