Lampu Tenaga Surya dari Kementerian ESDM Telah Difungsikan, Warga Diminta Menjaga

Metro Merauke – Sebanyak 50 unit lampu penerang jalan umum (PJU) tenaga surya, bantuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah terpasang dan difungsikan. Puluhan lampu tersebut merupakan bantuan yang digulirkan pemerintah di tahun 2020.

Kepala Dinas Perhubungan Merauke, Frans Anggawen mengatakan, lampu penerang jalan umum tenaga surya sebanyak 50 unit itu, telah dipasang di sejumlah titik. Semisal di Blorep, Distrik Tanah Miring dan Naukenjeray.

“Iya, untuk 50 unit lampu jalan tenaga surya yang terpasang di Blorep, sebagian di Distrik Tanah Miring dan Naukenjeray, itu bantuan dari Kementerian ESDM tahun 2020,” ujarnya.

Dan tahun 2021, lanjut Anggawen, pihaknya telah mengusulkan ke pusat mengenai penambahan lampu tenaga surya sebanyak ratusan unit. Nantinya akan dipasang di tempat-tempat, baik di dalam kota maupun distrik yang jauh dari jaringan listrik.

“Seperti di persimpangan juga akan kita pasang untuk mendukung penerangan jalan. Juga untuk beberapa distrik, diantaranya di Distrik Tanah Miring dan Kurik,”katanya.

Pihaknya meminta, agar kedepannya masyarakat dapat merawat lampu jalan tenaga surya yang dibangun pemerintah dengan baik. Hal itu dinilai penting, supaya infrastruktur tersebut dapat bermanfaat dalam waktu lama. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *