Masyarakat Kampung Selil Kini Nikmati Air Bersih

Metro Merauke – Masyarakat di Kampung Selil, Distrik Ulilin, Merauke, Papua, kini bisa menikmati air bersih. Berkat sumur bor yang dibangun PT Bio Inti Agrindo. 

Sebanyak 128 jiwa, warga di Kampung Selil, telah merasakan manfaat langsung dari program pembangunan fasilitas sumur bor beserta instalasinya yang diinisiasi  PT.BIA.

Setelah rampung dikerjakan, Senin (21/12) dilakukan serah terima dan peresmian penggunaanya yang dilakukan langsung Presiden Direktur, Mr Kong Byoung Sun, disaksikan warga setempat, termasuk Sekretaris Kampung Selil, Kalmilus Warenop.

Foto ist

“Pembangunan fasilitas sumur bor beserta instalasinya, sebagai wujud nyata kepedulian perusahaan pada masyarakat sekitar. Ini selaras dengan prinsip corporate citizenship yang dianut POSCO International sebagai induk perusahaan PT.Bio Inti Agrindo,” kata Manager Humas, Dedi Arapenta Purba.

Ia menjelaskan, sebelum pengerjaan, pihaknya melakukan survey sosial pada Juli 2020. Diketahui, selama ini warga setempat sulit mendapatkan air.

Dimana masyarakat kampung harus menempuh jarak ± 1 KM menuju sumur alam. Warga berjalan kaki dan membawa ember untuk menimba air yang dipakai masak, mandi dan cuci. Mana kala musim kemarau, warga akan kesulitan mendapatkan air.

“Akhirnya, sejak November 2020 ini, 128 jiwa penduduk yang tinggal di Kampung Selil dapat menikmati air bersih yang mengalir langsung dari keran rumahnya masing-masing,” bebernya.

Ditambahkan, menara air yang dibangun berdaya tampung 4.400 liter, dengan jaringan distribusi yang mengalir ke 47 rumah masyarakat.

“Dengan melibatkan masyarakat sebagai tenaga kerja, diharapkan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk menjaga fasilitas yang telah dibangun ini,” ujarnya.

Pihaknya mengklaim, setelah menghadirkan akses air beraih, perusahaan masih akan terus mewujudkan program pengembangan kampung. 

Semisal dengan pemberian beasiswa yang adil dan transparan bagi anak-anak berprestasi kurang mampu, juga peningkatan sarana kesehatan kampung. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *