Sekolah Keterampilan, Romanus: Agar Anak-Anak Tak Orientasi PNS

Metro Merauke – Salah satu program andalan Calon Bupati-Wakil Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT-H. Riduwan yang segera diekseksi setelah terpilih dan dilantik adalah mengirim anak-anak tamatan  maupun putus sekolah jenjang pendidikan SMP/SMA maupun perguruan tinggi (PT) untuk mengikuti sekolah keterampilan di Jawa.

Beberapa program sekolah keterampilan yang diikuti adalah kursus computer, akuntansi, keuangan, otomotif (mesin) dan lain-lain selama beberapa bulan. Setelah mendapatkan sertifikat, mereka kembali dan bekerja di perusahan maupun tempat lain.

Demikian disampaikan Calon Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT ketika melakukan dialog bersama masyarakat di Kondap-Kelapa Lima Sabtu (28/11) Menurutnya, program dimaksud dilahirkan, lantaran  selama ini anak-anak  yang telah tamat dari bangku sekolah, selalu berorientasi menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Padahal, lanjut Romanus, setiap tahun jatah penerimaan ASN sangat sedikit, bahkan tidak ada.  “Jadi salah satu solusi adalah mengirim mereka ke sejumlah tempat kursus di Jawa agar mengikuti pelatihan selama beberapa bulan,” ujarnya.

Nantinya, jelas  dia, akan dicari tempat kursus di Jawa yang mengantongi sertifikat internasional. Sehingga anak-anak yang belajar disitu, didampingi hingga menguasai beberapa keterampilan sekaligus mendapatkan sertifikat.

“Tak perlu khawatir, karena begitu pulang, saya memasukan di sejumlah perusahan, sehingga bisa bekerja. Sekaligus ada jaminan kehidupan di waktu mendatang,” ujarnya.

Namun demikian, pintanya, ketika sudah bekerja di perusahan, harus betah. Tak boleh satu atau dua bulan bekerja, langsung memilih keluar. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *