Warga Asmat Sepakat Dukung Pasangan Romanus-Riduawan

Metro Merauke – Warga asal Asmat yang bermukim di Kabupaten Merauke Papua menyatakan telah sepakat mendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Merauke nomor urut 3, Romanus Mbaraka-H Riduwan, dalam pilkad serentak awal Desember mendatang.

Pernyataan itu dikatakan perwakilan masyarakat Asmat yang bermukim di Jalan Onggatmit, Merauke kepada Metro Merauke usai mengikuti kampanye terbatas Romanus Mbaraka, Kamis (26/11).

“Memang pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Merauke mendatangi kami melakukan dialog sekaligus memasang baliho. Namun hati kami sudah bulat menjatuhkan pilihan kepada Drs. Romanus Mbaraka, MT-H. Riduwan (nomor urut tiga),” kata warga itu.

“Sudah komitmen kami mendukung Romanus-Riduwan. Siapapun datang, tetap diterima, tetapi pilihan sudah jatuh ke nomor 3,” ujarnya lagi.

Menurutnya, salah satu permasalahan serius yang terus disuarakan dari waktu ke waktu adalah perumahan warga. Setiap pelaksanaan pilkada, calon selalu menjanjikan membangun perumahan bagi orang Asmat di Onggatmit.

Akan tetapi katanya, semua hanya janji, tak pernah ada realisasi. “[Pilkada] kali ini kami warga Asmat sudah komitmen mendukung Romanus-Riduwan,” katanya.

Warga Asmat di Merauke berharap, setelah terpilih pasangan Romanus-Riduwan dapat memperhatikan, terutama berkaitan dengan pembangunan perumahan, mengingat kini kondisi rumah yang mereka tempati, sudah mulai banyak yang rusak.

Sementara itu, calon Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka mengaku, ketika menjabat bupati pada periode lima tahun silam, ia sudah berkomunikasi dengan Bupati Asmat saat itu, Yuven Biakai agar menyiapkan tempat dan pembangunan rumah bagi warga Asmat di Merauke.

Katanya, tindaklanjut program itu mesti direalisasikan lima tahun mendatang. Itu merupakan komitmennya, karena kondisi rumah warga di Jalan Onggatmit sudah tak layak huni.

“Memang masyarakat Asmat harus dipindahkan dekat pinggir kali, sama seperti orang Kimaam. Saya terus berdoa dan berpikir mencari lokasi atau tempat baru untuk pemukiman mereka,” ucapnya. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *