Kerjasama dengan BPN, Romanus Janjikan Sertifikat Tanah Gratis

Metro Merauke – Calon Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT menjanjikan pengurusan sertifikat tanah gratis kepada warga, jika ia dan calon wakil Bupati Merauke, H. Riduwan terpilih dalam pemilihan kepala daerah pada pilkada mendatang.

Ia mengatakan, salah satu program pihaknya  setelah terpilih adalah bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) mengukur tanah milik warga secara gratis.

Janji itu disampaikan Romanus ketika berkampanye terbatas di hadapan ratusan masyarakat Kabupaten Merauke, yang bermukim di Jalan Onggatmit pada Kamis (26/11).

“Saat menjabat lima tahun silam (2011-2016), program pengukuran tanah dan sertifikat gratis dilakukan dan ini akan dilanjutkan,” kata Romanus.

Dikatakan, Kepala BPN Merauke sudah menemuinya dan tertarik melakukan pengukuran tanah dan pembuatan sertifikat.

“Beliau mendukung untuk dilaksanakan lagi. Memang perlu adanya kerjasama antara pemerintah dan BPN. Biaya mengukur tanah disiapkan pemerintah,” ujarnya.

Kata Romanus, nantinya ada tim dari BPN yang akan mengukur tanah warga menggunakan GPS, atau alat ukur untuk menantukan luas dan titik kordinat, batas tanah setiap warga.  

Menurutnya, mahalnya peralatan dan biaya petugas ukur menyebabkan pengurusan sertifikat warga selama ini, terutama mereka yang tidak memiliki cukup materi prosesnya agak lama.

Romanus mengatakan, untuk itulah ia berkeinginan melanjutkan program yang telah dilakukan semasa menjabat Bupati Merauke, jika nanti terpilih kembali. Program itu diharapkan dapat mempermudah warga mengurus sertifikat tanahnya, agar mendapat legalitas hukum.

“Urusan biaya pengukuran, pasti ditanggung pemerintah. Selama ini warga mengeluh lantaran lama menunggu, padahal berkas sudah diurus. Itu karena petugas BPN belum ke lokasi dengan membawa peralatan pengukur,” ucapnya. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *