Anton Kaize: Jangan Pilih Pemimpin yang Sekadar Coba-Coba

Metro Merauke – Satu di antara intelektual Marind, Antonis Kaize mengingatkan warga Merauke, Papua tidak memilih calon pemimpin yang hanya sekadar coba-coba.

Ia mengatakan, kini kehidupan masyarakat Kabupaten Merauke dalam situasi serba sulit. Perekonomian lesu, pendidikan tak berjalan baik, angka kriminalitas meningkat, bantuan sosial tak terlaksana dan sejumlah persoalan lain.

Penegasan itu disampaikan Antonius saat mendampingi Calon Wakil Bupati Merauke nomor urut 3, H. Riduwan melakukan kampanye terbatas dengan sejumlah warga di Kelurahan Kamundu, Selasa (24/11).

“Kita membutuhkan pemimpin yang berkomitmen, berpengalaman serta memiliki integritas. Jadi jangan cari pemimpin coba-coba,” kata Anton.

Menurutnya, warga Merauke kini sedang susah. Lebih baik memilih calon pemimpin yang sudah terbukti kinerjanya. Jangan memilih pemimpin yang hanya sekadar mencoba, karena situasinya akan seperti sekarang.

Ia mencontohkan beberapa masalah yang kini dialami warga Merauke, di antaranya kini petani di lokasi bekas transmigrasi mengeluh. Beras hasil panen padi mereka tak diserap. Di sisi lain, ada cicilan pinjaman dari bank yang mesti dibayar setiap bulan.

“Justru sekarang petani tidak takut dengan telepon dari kantor polisi atau rumah sakit. Mereka takut ketika mendapatkan telepon dari bank. Semua menjadi susah, lantaran pemimpinnnya (bupati) tak berperan baik,” ujarnya.

Katanya, berbagai kesulitan dialami petani di wilayah itu dalam menggarap sawahnya. Ketika baru menanam padi, mereka kesulitan mendapat pupuk (bersubsidi).

Kondisi itu memaksa petani meminjam di bank untuk memenuhi kebutuhan pertanian. Akan tetapi, ketika musim panen tiba dan beras melimpah, tidak terserap maksimal. Jerih payah petani tak laku di pasaran.

“Ini fakta yang sedang terjadi. Untuk keluar dari kesulitan tersebut, hanya Romanus-Riduwan yang bisa mengatasinya. Lima tahun ketika beliau (Romanus) memimpin, petani tak pernah menjerit seperti sekarang,” ucapnya. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *