Dorong Pengembangan Kelompok Masyarakat, EcoNusa Gelar Pelatihan Sekolah Diplomasi Lingkungan

Metro Merauke – Yayasan Ekosistem Nusantara (EcoNusa) Foundation selama tiga hari menggelar pelatihan School of Ecodiplomacy-Sekolah Diplomasi Lingkungan di Merauke, Papua.

Program Manager Mobilisasi Dukungan Publik dan Kaum Muda Yayasan EcoNusa, Rini Kusuma mengatakan, pelatihan kali ini diikuti 19 peserta, perwakilan pelajar dan mahasiswa di Kota Merauke.

Dikatakannya, Yayasan EcoNusa merupakan organisasi nirlaba yang memfokuskan programnya untuk meningkatkan berbagai inisiatif lokal, terutama di Papua ke tingkat nasional dan internasional pada upaya pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.

“EcoNusa mendedikasikan masa depannya untuk mendorong pengembangan kapasitas organisasi kelompok masyarakat sipil Papua untuk mengelola SDA dan hutan yang lebih baik,” ujarnya kepada wartawan, Senin (16/11).

Salah satu programnya, lanjut Rini Kusuma, School of Ecodiplomacy, yang merupakan salah satu program pengembangan anak muda perkotaan yang difokuskan pada Papua, Papua Barat dan Maluku.

Pada kesempatan itu Rini Kusuma juga menjelaskan, tujuan pelatihan kelas dasar SED, untuk memperkenalkan dasar-dasar ekologi, krisis iklim dan visi-misi gerakan lingkungan hidup, memetakan kekuatan diri merancang masa depan bersama, menggalang dan menggerakkan komunitas serta merancang aksi untuk perubahan.

Ditambahkan, dengan menghadirkan pembicara dari berbagai pihak, mulai dsri SKPD terkait, Dekan dari salah satu kampus, inspirator muda, organisasi wanita dan tokoh agama, diharapkan para peserta dapat berpikir kritis dan lebih peduli dengan isu-isu lingkungan. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *