Perdana di Indonesia Timur, Sirkuit Balap Motor ‘Freegeb Waninggap Sai Gau Tak’ Diresmikan

Metro Merauke – Masyarakat Merauke, Papua, patut merasa bangga. Menyusul telah diresmikannya sirkuit balap motor yang dibangun pemerintah dengan menelan anggaran Rp95 Miliar lebih dari APBD.

Dibangun di Distrik Tanah Miring, Sirkuit yang dinamai Fregeb Waninggap Sai Gau Tak, diklaim sebagai sirkuit termegah pertama yang ada di wilayah Indonesia bagian timur.

Dikatakan Kepala Dinas PU dan Tata Kota, Ir H.B.L Tobing M.Eng, sirkuit tersebut dinilai sangat mumpuni digunakan dalam helatan PON XX, tahun 2021 di Papua, maupun untuk berbagai iven nasional lainnya. 

“Di Indonesia timur, sirkuit balap motor seperti ini baru ada di Merauke. Yang sudah sirkuit semacam ini ada juga di wilayah lain seperti di Subang, Bogor, Sentul, Tasikmalaya serta Samarinda,” ujar Tobing kepada wartawan, Jumat (13/11).

Sirkuit dibangun di atas tanah seluas 26,5 hektar untuk road race seluas 16,5 Ha, motor croos 6,2 Ha serta digunakan untuk ruang terbuka hijau 3,8 Ha. “Proses pengerjaanya selama 303 hari. Di areal sirkuit juga dilengkapi fasilitas pendukungnya,” imbuhnya.

Pihaknya menilai, untuk optimalisasi dalam pengelolaan sirkuit megah ini, dibutuhkan pengelola khusus, yakni UPTD.

Sementara itu Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengatakan, rampungnya pembangunan sirkuit mega proyek, dinilai sebagai pertarungan harga diri. Dan telah berhasil diwujudkan, selanjutnya siap digunakan untuk berbagai iven olahraga nasional.

Peresmian sirkuit balap motor ditandai dengan penandatangan prasasti

Dengan hadirnya sirkuit balap motor, kata Bupati Merauke, sebagai wahana tepat bagi para pecinta balap motor yang ingin menyalurkan bakat dan hobinya.

Dengan begitu, sambungnya, dapat dimanfaatkan sebagai arena olahraga. Sekaligus, guna menekan adanya aksi balap liar atau ugal-ugalan di jalan raya yang dapat memicu kecelakaan.

Dalam rangkaian peresmian sirkuit balap motor, diwarnai dengan aksi balap bersama untuk menjajal arena oleh Bupati Frederikus Gebze bersama Forkopimda. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *