Cawabup Merauke, H. Riduwan Ajak Masyarakat Tambat Tanam Anakan Sagu

Metro Merauke – Calon Wakil Bupati (Cawabup) Merauke, H. Riduwan  mengajak masyarakat di Kampung Tambat, Distrik Tanah Miring untuk mengembangkan sagu dengan melakukan penanam anakan mulai dari sekarang.

Permintaan itu disampaikan H. Riduwan saat melakukan kampanye terbatas di Kampung Tambat Sabtu (31/10). “Potensi sagu disini sangat luar biasa, karena sudah diproduksi langsung masyarakat setempat. Tentu ini sangat membanggakan dan harus terus ditingkatkan,” pintanya.

Namun demikian, lanjut dia, anakan pohon sagu juga  perlu ditanam mulai sekarang. Karena yang ditebang dan digunakan saat ini adalah dari hasil tangan para leluhur. “Ya, dalam satu kepala keluarga kalau ada lima orang, minimal lima pohon anakan sagu ditanam,” pintanya lagi.

Jika penanaman dilakukan, jelas dia, dalam rentan waktu 20-25 tahun mendatang, sagu sudah bisa dipanen dan dimanfaatkan sebagai salah satu pangan lokal. “Ini ajakan saya kepada masyarakat  agar tak henti-hentinya menanam sagu,” katanya.

Cawabup Merauke, H. Riduwan saat meninjau lokasi pabrik sagu di Kampung Tambat | LKF

Jika terus dikembangkan dengan ditanam setiap orang, katanya, kedepan Tambat  menjadi kampung sagu. “Perlu ada kemauan terlebih dahulu dari warga untuk menanam,” ujarnya.

Usai melakukan kampanye, H. Riduwan menyempatkan diri mengunjungi tempat produksi sagu yang sedang dikembangkan Kelompok  Dwitrap. Ini sangat luar biasa, karena warga setempat telah menghasilkan dalam bentuk tepung  dan dimasukan ke kemasan plastik. “Ini menjadi fokus perhatian saya bersama Bapak Romanus Mbaraka ketika terpilih nanti. Berbagai fasilitas pendukung akan ditambah termasuk memperluas jaringan pemasaran,” katanya. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *