Romanus-Riduwan Programkan Pengukuran Tanah Secara Gratis Milik Masyarakat

Metro Merauke – Calon Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT mengatakan, pihaknya telah melakukan komunikasi bersama Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Merauke untuk membantu masyarakat dalam pengukuran tanah secara gratis, sekaligus mendapatkan sertifikat.

Hal itu disampaikan Romanus ketika melakukan kampanye terbatas di Kampung Kuper,kemarin. “Ya kerjasama untuk pengukrusan sertifikat dengan BPN akan dilanjutkan. Sekaligus membantu masyarakat agar bisa mengurus sertifikat tanahnya,” ungkap dia.

Begitu juga dengan pengukuran tanah, lanjut Romanus, akan dibayar atau diselesaikan  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke.

Lebih lanjut dikatakan, khusus pelepasan tanah milik orang Marind di bawah tahun 2000, pihaknya berkomitmen memberikan penghargaan, karena tahun tersebut, Lembaga Masyarakat Adat (LMA) belum lahir.

“Disaat itu juga para pejuang dari luar masuk membawa misi kemanusiaan disini, sehingga mengeluarkan kita dari terang, sehingga tanah diberikan kepada mereka tanpa surat pelepasan,” ungkapnya. “Ya nanti di atas  tahun 2000 setelah LMA lahir, baru memakai segel pelepasan. Mudah mudahan kita bisa selesaikan, karena saya juga sudah membicarakan sekaligus mendiskusikan dengan sejumlah Tokoh Adat Marind,” ungkapnya. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *