Romanus Mbaraka: Setiap KK Akan Terima Uang Tunai

Metro Merauke – Calon Bupati (Cabup) Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT yang melakukan kampanye selama kurang lebih seminggu di 18 kampung di empat distrik (Kaptel, Okaba, Ngguti dan Tubang) mengatakan, akan memberikan uang tunai kepada setiap kepala keluarga tanpa harus membuat laporan pertanggungjawaban.

“Jadi modelnya hampir sama dengan bantuan langsung tunai (BLT) yang diterima selama ini. Saya sudah konsultasi ke Departemen Dalam Negeri (Depdagri) maupun Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan diizinkan,” ungkap Romanus saat melakukan kampanye di Kampung Wamal, Distrik Tubang.

Dengan uang tunai yang diberikan, lanjut Romanus, setidaknya dapat digunakan oleh setiap kepala keluarga (KK) untuk  menjalankan suatu usaha atau kegiatan yang bermanfaat.

“Itu namanya program  pemberdayaan kepada masyarakat. Nanti ada kelompok dibentuk di masing-masing kampung dengan menyesuaikan jumlah kepala keluarga. Kalau jumlahnya mencapai 100 lebih KK, otomatis harus dua kelompok,” ungkapnya.

Kelompok tersebut, demikian Romanus, bertujuan  agar lebih memudahkan untuk dilakukan koordinasi. Lalu setiap KK  mengumpulkan copian kartu keluarga. Sehingga saat uang dicairkan, langsung diserahkan kepada keluarga itu tanpa melalui perantaran orang lain.

Program lain yang akan dilaksanakan yakni mengirim anak-anak sekolah keterampilan di Jawa. “Anak-anak putus sekolah maupun tamat baik jenjang pendidikan SMP, SMA serta perguruan tinggi (PT) mengikuti pendidikan di sejumlah tempat di Jawa untuk keahlian computer, akuntansi, otomotif (mesin) dan lain-lain,” katanya.

Dengan mengikuti program dimaksud, nantinya mereka mendapatkan sertifikat dan bisa kembali  sekaligus melamar kerja di perusahan-perusahan. “Kenapa saya buat ini karena berangkat dari pengalaman ketika masih pejabat. Dimana banyak anak kita tidak diterima di perusahan, lantaran tak mengantongi sertifikat,” tegasnya.

Khusus program lain seperti pembangunan perumahan, jalan, jembatan dan lain-lain, sudah pasti saya lakukan. “Apa yang saya sampaikan pasti direalisasikan. Kalian semua sudah tahu dan mengenal saya, jadi tak perlu khawatir,” pintanya.

Untuk itu, Romanus meminta dukungan masyarakat  tanggal 9 Desember 2019  mencoblos nomor urut tiga (3). “Di dalam surat suara, kami ada tiga pasangan calon dan hanya Romanus Mbaraka yang berambut keriting dan berkulit hitam. Olehnya, buka surat suara dan coblos nomor tiga,” pintanya. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *