Merauke Subur, Jerry Omona: Tapi Masih Ada Warga Hidup Susah

Metro Merauke – Jerry Omona (JO), Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Merauke, Papua, mengaku prihatin terhadap kondisi sejumlah warga dalam kota maupun perkampungan yang hidup berkekurangan.

JO mengatakan, saat mendistribusikan sembako dan nasi boks, PSI menemukan warga pra sejahtera seputaran kota cukup banyak. “Sepertinya ada yang salah selama ini, kenyataannya pemilik tanah masih hidup susah,” ujar Jerry Omona, belum lama ini.

Menurut dia, Merauke termasuk daerah subur. Namun tidak demikian bagi orang asli. “Bayangkan, di sekitar kita saja masih ada, bagaimana dengan mereka jauh di pedalaman,” katanya.

PSI lanjut dia, tak dapat berbuat banyak sebab tak memiliki kursi di DPRD Merauke. “Kita hanya bisa menyuarakan dari luar, moga moga didengar pemerintah,” tukasnya.

JO menyadari, terdapat beberapa faktor mempengaruhi sehingga situasi tersebut tak kunjung usai. “Pemerintah dan semua elemen telah memahami, ada pula rancangan-rancangan agar masyarakat terhindar dari sulitnya ekonomi, tapi kok sulit ya,” tambah dia.

Ia mengajak masyarakat asli bersaing lolos dari jerat ekonomi. “Bapak saya Muyu, diajar untuk kerja keras, saya juga berharap, kita mampu.”

Baginya, Merauke butuh seorang pemimpin berani. “Juga tegas, kalau ada bawahan tidak jujur, diganti, kerja lambat, dicopot, harus gerak cepat dan sasarannya ke ekonomi lemah,” ujarnya.

Ia membayangkan Merauke lima tahun ke depan, lebih baik. “Sekurangnya, mereka yang tinggal dekat Gedung Negara, belakang rumah sakit dan sekitarnya, berkecukupan,” tutupnya.

Melansir data Merauke Dalam Angka 2020 dari Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Merauke hingga 2019 mencapai 23 ribu lebih. Secara keseluruhan, di Propinsi Papua, terdapat lebih dari 926 ribu penduduk miskin. (Sayd Madrid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *