Akses Jalan Trans Papua Merauke-Boven Digoel Lancar, Warga Mengaku Senang

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (PJN) 22 Papua-Merauke, Sefnat Womsiwor tengah menunjuk jalan dan jembatan Kumaaf Prabu Kecil, Kampung Getentiri, Distrik Jair, Boven Digoel

Metro Merauke – Wajah ceria nampak terlihat, saat Rizky, salah satu warga kala menceritakan kondisi jalan Trans Papua, di sekitar jembatan Kumaaf, Prabu, Distrik Jair, Boven Digoel yang kini telah baik dan dapat dilalui dengan lancar.

Betapa tidak, Rizky mengaku, sebelumnya ruas jalan tersebut sangat sulit dilalui, bahkan saat musim hujan, untuk melalui jalan di Prabu, banyak kendaraan warga harus berjibaku saat melintas akibat banyak kubangan lumpur tebal.

Salah satu sopir pengakut logistik mengaku senang jalan Trans Papua, di Prabu telah baik dan dapat dilalui

“Ruas jalan ini sebelumnya sulit dilalui karena rusak parah. Kita harus antre berhari-hari. Namun, setelah diperbaiki, kini kondisinya sudah baik dan bisa dilalui kembali dengan lancar,” ujar Rizky dengan sumringah.

Ungkapan senada disampaikan salah satu sopir pengangkut logistik, Atang.

Baginya, ruas jalan ini sangat penting bagi warga, sebagai akses utama penghubung antar Kabupaten Boven Digoel-Merauke.

Warga mengaku senang, dan mengapresiasi upaya pemerintah yang bersinergi dengan pihak terkait, dalam hal ini Balai Pelaksana Jalan Nasional (PJN) 22 Papua-Merauke dalam memperbaiki ruas jalan Trans Papua.

“Sebelumnya untuk tembus sampai Boven Digoel dari Merauke bisa lima hari, kita setengah mati sekali. Sekarang sudah lancar dan tidak ada hambatan. Terimakasih untuk Balai Pelaksana Jalan Nasional (PJN) 22 Papua-Merauke yang sudah memperbaiki jalan,” ucapnya.

Saat ini, kata Atang, jalan tersebut dapat dilewati dengan mudah oleh kendaraan roda dua dan empat.

Ia berharap, kedepan ruas jalan kembali ditingkatkan dengan pengaspalan sehingga arus pergerakan orang ataupun barang berjalan lancar.

Sementara itu, Balai Pelaksana Jalan Nasional (PJN) 22 Papua-Merauke secara langsung turun lapangan melihat kondisi jalan Trans Papua, Distrik Jair, Boven Digoel.

Dikatakan Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (PJN) 22 Papua-Merauke, Sefnat Womsiwor, peningkatan pengerjaan ruas jalan Trans Papua, di Prabu dan sekitarnya masih menunggu kontrak. Dimana prosesnya saat ini Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) masih melakukan seleksi.

“Kita berharap BP2JK dapat melakukan seleksi kontraktor lebih cepat sehingga dapat dilakukan kontrak untuk segera melakukan pengerjaan perbaikan jalan,” jelasnya kepada wartawan.

“Ruas jalan ini sudah dalam proses tender untuk diaspal. Harapan kami, proses tender lebih cepat sehingga pengerjaannya pun bisa cepat pula diselesaikan,” imbuhnya

Demi menjaga kualitas jalan, pihaknya meminta para pengguna jalan, khususnya kendaraan pengangkut barang, dapat membatasi tonase atau beban muatannya.

Dan dibutuhkan peranan Dinas Perhubungan dalam pengawasan lalu lintas kendaraan. (Redaksi)

Tinggalkan Balasan