Ruslan Ramli: Masyarakat Harus Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Penjabat Sekda Merauke, Ruslan Ramli

Metro Merauke – Secara berturut-turut, dalam dua hari, Minggu (30/8) dan Senin (31/8), sebanyak tujuh pasien Covid 19 di Merauke dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah, setelah sebelumnya menjalani perawatan di RSUD Merauke, Papua.

Sekertaris Dinas Kesehatan, dr Nevile Muskita menyebutkan, dengan berkurangnya 7 pasien, saat ini RSUD Merauke masih merawat 30 pasien yang terpapar virus corona.

Dengan belum berakhirnya pandemi, Pemkab Merauke telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup), Nomor 80, tahun 2020, tentang penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid 19 di daerah.

Penjabat Sekretaris Daerah Merauke, Ruslan Ramli menegaskan, penerbitan regulasi dimaksud, tidak lain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memutus matarantai penyebaran virus corona.

Dengan Perbup tersebut, lanjutnya menjadi dasar hukum aparat terkait pada saat penerapannya di lapangan.

“Siapapun bisa terpapar virus corona, mau pejabat maupun siapa saja. Terkait Perbup tentang protokol kesehatan, tahap awal penerapan masih akan disosialisasikan di tengah masyarakat,” katanya.

Menurut Ruslan Ramli, kunci utama dalam memutus mata rantai penuralan Covid-19, masyarakat Merauke harus disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan.

Seperti pemakaian masker, menjaga jarak yang aman, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

“Karena bagaimanapun tegasnya Perbup, tapi kalau tidak dilandasi kesadaran masyarakat atas tanggungjawab untuk menjaga kesehatan, tidak akan efektif. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tukasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan