Tingkatkan Rasa Nasionalisme, Pelajar di Boven Digoel Ikut Pelatihan Bela Negara

Metro Merauke – Sebanyak 100 pelajar SMA di daerah perbatasan RI-PNG, tepatnya di SMA Negeri Asiki, Distrik Jair, Boven Digoel mengikuti latihan bela negara, PBB dan game kekompakan.

Kegiatan bela negara kali ini, dilaksanakan oleh Pos Kotis Satgas Yonif Mekanis 516/CY.

Dikatakan Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY, Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin, latihan bela negara bagi pelajar, bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan jiwa nasionalisme.

“Juga untuk melatih kekompakan, rasa percaya diri. Kegiatan Team Work bertujuan untuk melatih kerjasama tim, kepemimpinan, loyalitas, dan jiwa korsa,” katanya, Jumat (28/8).

Sehingga selama kegiatan, para peserta mendapatkan materi tentang wawasan bela negara di dalam kelas dan pemutaran film profil TNI, sebagai sarana penggugah semangat untuk  pelajar, serta latihan baris berbaris.

Dijelaskan Dansatgas, kegiatan bela negara kali ini sekaligus untuk menindaklanjuti pernyataan Brigjen TNI Bangun Nawoko selaku Dankolakops Rem 174/ATW, akan pentingnya membentengengi generasi muda dengan pengetahuan wawasan kebangsaan, sebagai penangkal pengaruh budaya luar.

Menurutnya, menjaga kearifan lokal menjadi kewajiban semua orang yang tinggal di tempat ini. Selain itu, kegiatan bela negara itu juga penting ditanamkan sejak dini.

“Jangan sampai generasi kita rusak oleh budaya luar, seperti terjebak dalam pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba dan pengaruh minuman keras,” ujarnya

Pihaknya berharap, dengan menanamkan jiwa patriotisme melalui kegiatan bela negara, mampu mendorong semangat persatuan dan kesatuan. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *