KMN Pelita Makmur Tenggelam di Torasi, 2 ABK Dalam Pencarian

Tim SAR gabungan menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian 2 ABK KMN Pelita Makmur yang tenggelam di perairan Torasi

Metro Merauke – KMN Pelita Makmur tenggelam di perairan Torasi, Rabu malam (26/8). Dalam musibah tersebut, 2 ABK kapal saat ini masih dalam pencarian.

Peristiwa tenggelamnya KMN Pelita Makmur diketahui petugas Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke, setelah menerima laporan dari Pasieops Satrol Lantamal XI Merauke, Edy, Kamis siang (27/8).

Kepada petugas Edy menyampaikan, telah terjadi kecelakaan kapal hingga mengakibatkan tenggelamnya KMN. Pelita Makmur, Rabu (26/8) pukul 20.00 WIT.

Diketahui kapal tersebut dinahkodai Anis dan membawa 5 ABK, masing-masing Manto, Banai, Poli, Tompo dan Marcel.

Dan, sekira jam 12.18 WIT, 4 korban kapal tenggelam ditemukan dalam kondisi selamat, atas nama Banai, Anis, Tompo, dan Marsel. Para korban ditemukan kapal nelayan yang berada di sekitar lokasi kejadian dan langsung di evakuasi ke Pos Angkatan Laut Torasi.

Sedangkan dua korban lainnya masih dalam pencarian.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke, Supriyanto Ridwan, setelah menerima laporan adanya kecelakaan laut, langsung memberangkatkan 1 tim untuk melakukan pencarian.

Tim SAR gabungan yang terlibat dalam operasi SAR kali ini, terdiri dari Lantamal XI Merauke (Pos Torasi dan Satrol), Polair Polres Merauke, Koramil Kondo, Bakamla Merauke, Merauke Rescue Squad (MRS) serta nelayan dan masyarakat sekitar Torasi.

“Pencarian akan kami lakukan di sekitar lokasi kejadian. Dengan memanfaatkan peralatan dan pengerahan tim gabungan yang ada,” kata Supriyanto.

Dirinya meminta tim yang bertugas melakukan pencarian untuk ekstra hati-hati, mengingat kondisi cuaca berdasarkan data dari BMKG dengan ketinggian gelombang mencapai 3 meter.

“Pesan saya, di tim di lapangan untuk tetap mengutamakan keselamatan,” ujarnya.

Ditambahkan, sejauh ini pihaknya belum mengetahui pasti penyebab tenggelamnya kapal. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan