Sosok Romanus Mbaraka  Menjadi Idola Rakyat Kecil

Salah seorang warga Kampung Kindiki, Oktovianus Mahuze | LKF

Metro Merauke – Sosok dan kepribadiannya masih diidolakan. Betapa tidak, di kalangan ‘akar rumput’ (rakyat kecil), namanya masih disebut-sebut. Itu karena bukti nyata yang telah dibuat dan atau dilaksanakan saat masih menjabat sebagai Kepala Bappeda, Kepala Dispenda dan terakhir menjadi Bupati Merauke periode 2011-2016.

Sebut saja program Gerakan Pembangunan Kampungku (Gerbangku) yang ditelorkan dengan menggelontorkan dana ratusan juta ke setiap kampung, sekaligus dikelola secara langsung oleh masyarakat. Selain itu, program infrastruktur berupa pengerjaan jalan maupun jembatan, juga sejumlah kegiatan lain yang menyentuh rakyat kecil.

Dia adalah Drs. Romanus Mbaraka, MT yang  telah dipastikan maju bertarung dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Merauke 9 Desember 2020 bersama pasangan calon wakilnya H. Riduwan, setelah mengantongi Surat Keputusan (SK) dua partai politik.

Salah seorang warga Kampung Kandiki, Distrik Muting, Kabupaten Merauke, Oktovianus Mahuze saat ditemui Metro Merauke di rumahnya beberapa hari lalu mengaku, sosok Romanus Mbaraka masih diingat masyarakat di kampung-kampung, karena banyak hal positif telah dilakukan.

“Meskipun banyak kandidat akan maju dalam Pilkada Merauke, namun pilihan saya tidak berubah. Bagi saya, Bapak Romanus Mbaraka adalah figur pemimpin yang masih dicintai rakyat kecil,” ungkapnya.

Oktovianus mengaku, ada sejumlah gebrakan telah dilakukan Drs. Romanus Mbaraka ketika masih menjadi Bupati Merauke periode lima tahun sebelum. Sebut saja program Gerbangku serta pembangunan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan lain-lain yang telah dilakukan.

“Kami tidak tahu berapa banyak calon bupati akan maju dalam Pilkada Merauke  9 Desember nanti. Tetapi jelasnya, Romanus Mbaraka masih menjadi pilihan rakyat di kampung-kampung,” ungkapnya.

“Meskipun apa yang saya sampaikan ini adalah ungkapan dan pernyataan  pribadi, namun rakyat di kampung-kampung masih menyebut sosok Drs. Romanus Mbaraka, MT. Mereka menginginkan figur atau sosok ini untuk memimpin lima tahun kedepan. (LKF)

Tinggalkan Balasan