Gratis, Sembelih Hewan Kurban di RPH

Ilustrasi | Google

Metro Merauke – Selama tiga hari, Jumat (31/7) hingga Minggu (2/8), Rumah Potong Hewan (RPH) Merauke, Papua dibuka untuk melayani penyembelihan hewan kurban.

Hingga Kamis siang (30/7), tercatat sebanyak 120 hewan kurban yang didaftarkan untuk dilakukan penyembelihan di RPH.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Drh Retno Palupi Handayani memastikan, tidak ada pungutan biaya untuk penyembelihan hewan kurban yang dilakukan di RPH.

“Pemotongan hewan kurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha di Rumah Potong Hewan (RPH) tidak dipungkut biaya,” ujarnya kepada Metro Merauke, Kamis (30/7).

Retno menjelaskan, di RPH yang ada di Kota Merauke, biasanya dimanfaatkan untuk pemotongan sapi kemudian dipasarkan.

“Nah, kalau untuk pemotongan sapi di RPH pada hari-hari biasa memang ada biaya retribusinya, Rp100.000/ekor. Biaya itu untuk pemeriksaan antemortem dan post mortem, juga digunakan sebagai biaya angkutan ke pasar. Tapi untuk pemotongan hewan kurban, itu gratis, biayanya ditanggung Dinas Peternakan,” terangnya.

Ditambahkan Retno, Dinas Peternakan memperbolehkan penyembelihan hewan kurban di luar RPH, sepanjang memenuhi persyaratan juga memperhatikan protokol kesehatan Covid 19.

Ketua PKM Nurul Mujahidin Merauke, H Ali Syahbana mengaku, memilih memusatkan pemotongan hewan kurban yang dititipkan warga ke Masjid Nurul Mujahidin langsung  ke RPH, karena dinilai lebih praktis dan aman, sehingga memudahkan pihaknya pada saat didistribusikan ke penerima. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan