Bukan UU Otsus Papua yang Berakhir, Tapi Dana Otsus

Ilustrasi Dana Otsus - IST

Metro Merauke – Dosen hukum tata negara, Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih atau Uncen Jayapura, Dr. Yusak Reba menyatakan Undang-Undang Otonomi Khusus atau UU Otsus Papua belum berakhir pada 2021 mendatang.

Pernyataan itu dikatakan Yusak Reba kepada Metro Merauke, meluruskan salah tafsir berbagai kalangan, yang beranggapan kekhususan Papua berakhir pada 2021.

Ia mengatakan, UU nomor 21 tahun 2001 tentang Otsus Papua, tidak berakhir sepanjang tidak ada UU yang mencabut atau menyatakan UU Otsus tidak berlaku lagi.

“Jadi harus ada undang-undang yang jenisnya sama, yang menyatakan Undang-Undang Otsus tidak berlaku lagi,” kata Yusak Reba, Kamis (30/07).

Katanya, selama tidak ada UU yang menyatakan UU Otsus berakhir, atau dicabut maka UU itu tetap berlaku dan mempunyai kekuatan hukum mengikat.

Menurutnya, yang akan berakhir setelah 20 tahun adalah dua persen dana alokasi umum atau DAU nasional, yang setiap tahun diterima Provinsi Papua dan Papua Barat.

Berakhirnya dana yang disebut dana Otsus setelah 20 tahun, diatur dalam pasal 34 ayat 3 huruf (e) dan ayat 6 UU Otsus Papua.

“Kalau kita hitung, Provinsi Papua menerima dana itu hanya sampai 2021. Ketika 2022, Provinsi Papua tidak lagi menerima dana itu sepanjang pemerintah pusat tidak melakukan perubahan pasal 34 pada ayat 6,” ujarnya.

Yusak mengatakan, ketidak pahaman berbagai pihak terhadap masa berlaku UU Otsus Papua, perlu diluruskan agar tidak menimbulkan tafsir yang keliru.

Akan tetapi, ia memprediksi pemerintah pusat kemungkinan melakukan revisi terbatas terhadap pasal 34 ayat 6 UU Otsus Papua, yang mengatur mengenai keuangan.

Dengan begitu, ada peluang perpanjangan dana Otsus Papua. Apakah nantinya tetap dua persen dari DAU nasional, ataukah lebih, lantaran penyerahan kewenangan tak bisa dilakukan tanpa dana.

“Itu satu paket dalam konteks Otsus. Kalau ada kewenangan khusus, harus ada uang menjalankan kewenangan khusus itu. Tidak bisa dipisahkan,” ucapnya. (Arjuna)

 

Tinggalkan Balasan