Pastikan Bebas Covid 19, Ratusan Petugas Pemilu Bakal Jalani Rapid Test

KPU Merauke dan Dinas Kesehatan telah menandatangani surat kerjasama terkait pelaksanaan rapid test ratusan petugas Pemilu

Metro Merauke – Sebanyak 665 orang petugas Pemilu 2020, mulai dari PPDP, PPS, PPD di empat distrik maupun Komisioner KPU Merauke, bakal menjalani pemeriksaan cepat menggunakan Rapid Test.

Pelaksanaan rapid test dilakukan, tidak lain untuk memastikan para petugas Pemilu di Merauke sehat dan bebas Covid-19. Pelaksanaan rapid test dinilai penting, mengingat tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 dilanjutkan di tengah pandemi.

Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze menjelaskan, rapid test yang akan dimulai dalam waktu dekat, diprioritaskan untuk petugas Pemilu pada 4 distrik. Masing-masing Distrik Merauke, Tanah Miring, Semangga dan Ulilin.

Sedangkan untuk petugas Pemilu di 16 distrik lainnya, sambung Theresia Mahuze, tetap menjalani pemeriksaan kesehatan di Puskesmas, yang menerangkan mereka tidak tengah sakit influenza.

“Anggaran yang tersedia untuk rapid test juga terbatas, sebanyak Rp400 juta. Sehingga rapid test kita laksanakan untuk petugas Pemilu di 4 distrik, Merauke, Tanah Miring, Semangga dan Distrik Ulilin. Untuk Distrik Ulilin, dengan pertimbangan karena lokasinya untuk lalu lintas warga dari Boven Digoel dan sebaliknya,” jelasnya kepada Metro Merauke, Selasa (28/7).

Terkait hal tersebut, KPU telah melakukan penandatangan surat kerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat.

“665 petugas akan menjalankan rapid test di Puskesmas,” ujarnya.

Pelaksanaan Rapid Test untuk memastikan tidak ada petugas yang tertular Covid 19, merupakan perintah KPU RI dan diberlakukan secara nasional. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan