Tahapan Pilkada 2020 Berlanjut, KPU Merauke Lantik PPS dengan Taati Protokol Kesehatan

Suasana pelantikan anggota PPS, Senin (15/6)

Metro Merauke – Mengawali kelanjutan tahapan Pilkada serentak 2020 yang sempat tertunda menyusul adanya wabah virus corona, Senin (15/6), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Merauke, Papua, melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kabupaten Merauke.

Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze menjelaskan, di tengah pandemi, pelantikan anggota PPS Merauke dilaksankan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Jadwal pelantikan PPS dilakukan paling lambat 15 Juni, sehingga tidak ada waktu untuk dilakukan dimasing-masing distrik. Saat ini pelantikan diwakilkan untuk anggota PPS Distrik Merauke, sedangkan 19 distrik lainnya dapat mengikuti melalui live straeming FB dan siaran langsung RRI,” terangnya.

Tentunya, lanjut Theresia, mekanisme pelantikan tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Jumlahnya yang hadir terbatas, tidak lebih dari 50 orang.

Diketahui, secara keseluruhan anggota PPS Kabupaten Merauke yang tersebar di 20 distrik, sebanyak 570 orang. Mereka bertugas mensukseskan tahapan Pilkada 2020.

Ketua KPU mengatakan, tugas sebagai penyelenggara Pemilu sangat berat. Terlebih Pilkada saat ini berjalan di tengah merebaknya wabah corona.

Meski begitu, ia meminta seluruh petugas, termasuk PPS tetap semangat untuk dapat menjalankan amanah dengan memegang teguh aturan yang berlaku.

“Saya ingatkan, kta kerja tunduk pada aturan dan undang-undang yang berlaku,” tegasnya.
Hal tersebut dinilai penting, katanya, agar tidak ada petugas Pemilu yang nantinya menyalahi aturan hingga berdampak bagi lembaga maupun diri sendiri.

“Kita kerja sesuai undang-undang. Dan saat kita ke luar dari aturan, tentu ada konsekwensi yang dihadapi. Harapan kami semua bekerja dengan baik, sesuai aturan yang ada dan selalui solid untuk mensukseskan Pemilu,” pungkasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan