Theresia Mahuze: Tahapan Pilkada Siap Dilanjutkan dengan Protokol Covid-19

Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze

Metro Merauke – Setelah sempat terhenti tahapan pelaksanaan Pilkada serentak menyusul merebaknya virus corona, pemerintah telah memastikan pesta demokrasi Pilkada 2020, dijadwalkan 9 Desember mendatang.

Dikatakan Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, pada gelaran Pilkada tahun ini sedikit berbeda. Dimana mekanismenya disertai protokol covid 19.

KPU Merauke sendiri beberapa hari lalu telah melakukan koordinasi bersama pemerintah.

Terkait hal tersebut, kata Theresia, KPU Merauke siap melanjutkan tahapan pelaksanaan Pilkada dengan mematuhi protokol kesehatan Covid 19. Pihaknya berharap pelaksanaan pemilihan kepala daerah nantinya dapat berjalan lancar.

“Bisa dipastikan jadwal tahapan Pilkada segera ke luar. Dan kami (KPU) Merauke siap melanjutkan tahapan Pilkada 2020 dengan protokol Covid 19,” ujarnya kepada wartawan di ruang kerja, Rabu (10/6).

KPU Merauke, lanjutnya, perlu bergerak cepat. Setelah jadwal tahapan Pilkada diterima. Tahap awal perlu membentuk Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP). Yang tak kalah penting dengan mengaktifkan PPD serta mengukuhkan PPS hingga tahapan sosialisasi.

Disinggung mengenai mekanisme pelaksanaan Pemilu di tengah pandemi, ia menggambarkan semuanya wajib mengenakan masker, mengatur jarak, mencuci tangan atau hand sanitizer.

“Saat pencoblosan nanti, alat coblos yang sebelumnya menggunakan paku akan diganti dengan alat sekali pakai,” katanya.

Sementara untuk TPS, di Merauke sendiri terjadi penambahan 14 TPS menjadi 479 TPS. Mengingat, dalam kondisi Covid 19, yang sebelumnya dalam 1 TPS maksimal 800 orang telah dibatasi maksimal hanya 500 orang.

Untuk kelancaran seluruh tahapan Pilkada 2020 di Merauke, KPU akan memaksimalkan penggunaan anggaran sebanyak Rp 75 Miliar yang telah dihibahkan Pemda setempat. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan