081344567070 metromerauke@gmail.com

Lonjakan Kasus Covid-19 Terjadi di Kota Jayapura, Dua Pasien Meninggal

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule

Metro Merauke – Lonjakan kasus Covid-19 di Papua terjadi di Kota Jayapura pada Selasa (19/05).

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule mengatakan terjadi penambahan 45 kasus Covid-19 di Papua. Sebanyak 40 kasus berasal dari Kota Jayapura dan lima kasus di Kabupaten Jayapura.

Pernyataan itu dikatakan dr. Silwanus Sumule dalam keterangan pers secara virtual dari Media Center Satgas Covid-19 Papua, Selasa petang (19/05).

“Jumlah kasus kita [di Papua] menjadi 483 [kasus]. [Pasien yang ] sebanyak dirawat 364 atau 75 persen, sembuh 110 atau 23 persen dan meninggal sembilan atau dua persen,” kata dr. Silwanus Sumule.

Terjadinya lonjakan kasus Covid-19 ini, menempatkan Kota Jayapura sebagai daerah dengan kasus Covid-19 terbanyak di Papua, dengan jumlah 178 pasien, dalam perawatan 146 orang, sembuh 27 orang dan meninggal sebanyak lima orang.

Daerah dengan kasus Covid-19 terbanyak kedua, yakni Kabupaten Mimika dengan jumlah kasus 150, dalam perawatan 109 orang, sembuh 38 orang, dan meninggal tiga orang.

“Tambahan 45 kasus ini memberikan gambaran kepada kita agar tetap melaksanakan protokoler kesehatan. Virus ini tidak bergerak yang bergerak adalah manusia,” ujarnya.

Selain terjadi peningkatan signifikan kasus Covid-19 di Kota Jayapura, juga ada dua pasien Covid-19 yang meninggal di ibu kota Provinsi Papua itu. Seorang pasien dirawat di Rumah Sakit Angkatan Laut dan Rumah Sakit Abepura.

“Kami Satgas Covid-19 Provinsi Papua menyampaikan belasukawa yang sedalam-sedalamnya. Para petugas kesehatan telah berupaya semampunya dengan memanfaatkan semua fasilitas yang dimiliki untuk menyelamatkan kedua pasien, namun Tuhan berkehendak lain,” ujarnya.

Menurut dr. Silwanus Sumule untuk jumlah orang dalam pemantauan atau ODP di Papua kini sebanyak 2.922 dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 569 orang.

Selain itu Libtangkes Kementerian Kesehatan Wilayah Papua dan Labkes Dinas Kesehatan Provinsi Papua telah melakukan pemeriksaan menggunakan metode PCR terhadap  3.049 sampel. (Arjuna/Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri